Petugas TKSK Potong Dana KUBE PKH, Warga Desa Mulya Agung Protes

Mesuji, Editor.- Oknum Petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) terindikasi melakukan pungutan liar (pungli) dana bantuan kelompok usaha bersama (KUBE) PKH di Desa Mulya Agung, Kecamatan Simpang Pematang. Puluhan warga meminta agar Oknum tersebut  dilaporkan ke pihak berwajib, Rabu( 17/03/2020).

Puluhan warga sambangi kantor Kepala Desa Mulya Agung guna menanyakan potongan dana bantuanyang bersumber dari Kementrian Sosial RI, melalui dana dekosentrasi Dinas Sosial Provinsi Lampung yang dipungli petugas TKSK tersebut.

Sony sebagai Kepala Desa  mempersilahkan perwakilan warga yang hadir untuk menyampaikan adanya  oknum yang meminta setoran  pada saat pencairan uang bantuan tersebut.

Mundiarti, selaku Ketua Kelompok KUBE PKH Desa Mulya Agung menyampaikan dan membenarkan, kepada Kades serta Aparat Desa yang hadir adanya  pemotongan dana bantuan tersebut, yang dilakukan  oleh oknum  TKSK saat dirinya  bersama bendahara kelompok  dan mencairkan  dana bantuan tersebut di salah satu Bank.

Kejadian ini berawal, saat Mundiarti bersama Bendahara kelompok  mencairkan  dana bantuan tersebut, saat mereka berdua dalam perjalanan pulang kerumah tiba-tiba ada oknum petugas TKSK  memanggil Mundiarti.

Saat di temui oknum tersebut meminta uang kepada dirinya sebesar Rp 3 juta dengan alasan biaya pembuatan proposal pengajuan bantuan dana yang baru saja berhasil dicairkan. Mundiarti lalu menyerahkan uang  yang diminta kepada oknum tersebut.

Selain melakukan pungli  berapa hari kemudian Oknum tersebut juga meminta kartu  ATM rekening  kelompok yang di pegang Mundiarti yang masih berisi dana bantuan yang belum di cairkan senilai Rp10 juta.

Masyarakat Mulya Agung yang jadi korban pungli berharap kasus ini menjadi perhatian serius bagi  pemerintah pusat, provinsi khususnya, Pemerintah Kabupaten Mesuji. **Cheudin

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*