Petani Mentawai Belum Lagi Pakai Pupuk An Organik

Tua Pejat, Editor.- Bertempat di aula Bappeda Kabupaten Kepulauan Mentawai, Asisten I Seminar Siritoitet mewakili Bupati membuka secara resmi Sosialisasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi Kamis( 20/04).

Seminar Siritoitet  dalam sambutannya mengatakan, para petani di Kabupaten Kepulauan Mentawai, baik petani sawah, petani holtikultura, maupun pekebun sampai dengan saat ini belum menggunqkan pupuk an organik. Hal ini terjadi karena pola budidaya petani masih sub sistem, belum mengenal pupuk dan juga tidak tersedianya pupuk, baik subsidi maupun non subsidi.

Dikatakan Seminar, sejak adanya program pupuk bersubsidi oleh Pemerintah pusat sampai dengan tahun 2016, kabupaten Kepulauan Mentawai  belum memanfaatkan kuota  yang diberikan setiap tahunnya. Ini terjadi karena belum ada nya kelompok tani yang bermohon pupuk bersubsidi dan belum disusunnya RDKK pupuk bersubsidi.

Di Mentawai kelompok taninya saat ini baru pada kelas pemula, yang keberadaannya aktif jika ada program bantuan dari Pemerintah dan belum adanya pembinaan penyusunan RDKK. Dengan adanya program cetak sawah oleh pemerintah dan berkembangnya lahan – lahan sawah swadaya masyarakat, maka terjadi peningkatan produksi padi yang cukup signifikan. Dimana selama dua tahun berturut- turut yaitu 2015 dan 2016 dimana Mentawai telah berhasil memperoleh Penghargaan Ketahanan Pangan karena mampu meningkatkan produksi padi diatas  persen rata- rata produksi padi nasional.

Berdasarkan laporan dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai mengatakan bahwa tahun 2017, Mentawai akan menyalurkan  kuota pupuk bersubsidi. ** Daniwarti

740 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*