Peringati HSN 2017, Pemkab Solok Gelar Seminar

Arosuka, Editor.- Bupati Solok mengharapkan kepada BPS dan seluruh stakeholder untuk dapat bekerja cepat, bekerja cerdas dan bekerja pintar. Kepada seluruh stakeholder juga diharapkan untuk dapat memberikan data yang akurat kepada BPS sebagai salah satu langkah awal untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah.

Hal itu dungkapkan Buati Solok, H. Gusmal, SE, MM dalam seminar dalam rangka Hari Statistik Nasional (HSN) yang dilaksanakan di Ruang Pelangi, Arosuka, Selasa (17/10). Hadir pada kegiatan tersebut Forkopimda Kabupaten Solok, Kepala BPS Provinsi Sumatera Barat, Kepala Kementrian Negeri Koto Baru dan Kepala Cabang Bank Nagari Solok.

Lebih lanjut dikatakan Gusmal, Presiden RI pada Agustus 1996 telah menetapkan bahwa tanggal diundangkannya Undang-Undang No. 7 tentang Statistik yakni tanggal 26 September 1960 sebagai “Hari Statistik Nasional”. Oleh karena itu atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Solok mengucapkan “Selamat Hari Statistik Nasional” dengan semangat HSN 2017 kita tumbuhkembangkan peran serta masyarakat dalam pembangunan statistik.

“Kepala Daerah Kabupaten Solok periode 2016-2021 telah memetapkan 4 Pilar Prioritas Pembangunan, yaitu : Pilar Ekonomi Kerakyatan, Pilar Kesehatan, Pilar Pendidikan dan Pilar Penyelenggaraan Pembangunan yang Bersih dan Baik, berdasarkan Adat Basandi Syara’, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK). Hal ini tentu terkait dengan statistik,” jelas Gusmal.

Sebelumnya ketua pelaksana kegiatan yang juga Kepala BPS Kab. Solok menjelaskan, tema peringatan HSN tahun ini adalah ‘kerja bersama dengan data’ yang merupakan seruan bagi seluruh elemen bangsa untuk bekerja bersama membangun Indonesia, dengan mengacu kepada statistik sebagai landasannya.  Kerja bersama ini sangat diperlukan dalam upaya mewujudkan capaian Sustainable Development Goals (SDGs), dimana setiap Kementerian atau Lembaga termasuk Pemerintah Daerah memiliki tanggung jawab untuk memenuhi indikator SDGs dan mengintegrasikan dalam berbagai perencanaan program dan kebijakan di masing-masing instansi baik di pusat maupun di daerah.

Sedangkan tema kegiatan seminar pada adalah “Pemanfaatan Data dan Informasi Statistik dalam Mendukung Perencanaan dan Kebijakan Pembangunan Daerah Kabupaten Solok”.

Tujuan kegiatan seminar adalah, untuk saling bertukar informasi saling bertukar informasi berkaitan dengan arah dan kebijakan pembangunan daerah kabupaten solok, serta peran strategis dan dukungan data dan informasi statistik yang relevan bagi pencapaian target target pembangunan daerah, Penyampaian Perkembangan berbagai Indikator Makro Sosial-Ekonomi Kabupaten Solok dan memperkenalkan Sistem Statistik Nasional dan Satu Data untuk Membangun Sistem Statistik Daerah yang terpadu, guna mendukung upaya penyusunan perencanaan dan kebijakan pembangunan daerah yang lebih terarah.

Tampil sebagai narasumber pada kegiatan Seminar ini H. Gusmal, SE. MM/Bupati Solok dengan topik : Arah dan Kebijakan Pembangunan Daerah Kabupaten Solok, Dr. Ir. Sukardi, M. Si/Kepala BPS Prov. Sumatera Barat dengan topik : Sistim Statistik Nasional dan Satu Data dalam Mendukung Perencanaan Pembangunan Nasional dan Daerah,  Prof. Dr. Tafdil Husni, SE. MBA/Rektor UNAND dengan topik : Peran Data dan Informasi Statistik dalam Perencanaan Pembangunan Kabupaten Solok dan  Arius Jonnaidi, SE. ME/Kepala BPS Kab. Solok dengan topik : Data dan Informasi Statistik Sosial – Ekonomi Kabupaten Solok. ** Febrian D’Gumanti/Oktaberia/Hms

660 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*