Peringati HARI Jantung se Sunia, YJI Sumbar Gelar Senam Jantung

Padang, Editor.- Ratusan orang  memadati lapangan kantor gubernur  mengikuti senam jantung dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia yang jatuh pada tanggal 29 September. 

Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Sumatera Barat  yang diketuai oleh Ny. Nevi Irwan Prayitno bekerjasama dengan  Persatuan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI), Fakultas Kedokteran UNAND, dan BPJS Kesehatan,  mengadakan acara ini dengan tema “Jagalah Jantung Kita” di halaman Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (30/9).

Tampak Hadir Sekda Provinsi Sumatera Barat Bapak Ali Asmar, Ketua BKOW Provinsi Sumatera Barat Ny. Wartawati Nasrul Abit, Ketua PERKI Cabang Padang,   serta beberapa Kadis OPD terkait.

Setidaknya 80 persen dari penyakit kardiovaskuler dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat sejak awal.  Hingga saat ini, penyakit kardiovaskuler dan stroke tetap menduduki peringkat pertama dalam penyebab kematian masyarakat di seluruh dunia. Bertepatan dengan Hari Jantung Sedunia tahun ini, YJI mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian kepada kesehatan jantungnya dan  menginspirasi orang-orang di sekitarnya untuk bersama-sama menjaga kesehatan jantung ujar Ny.Nevi IrwanPrayitno.

Dalam sambutannya Ny. Nevi mengingatkan bahwa penyakit Jantung bisa dicegah,  betapa tingginya tingkat kematian akibat serangan jantung, kita perlu mengenali gejala penyakit jantung dan serangan jantung serta hal yang harus kita lakukan untuk mencegah sakit jantung.

“Pencegahan merupakan hal penting yang harus kita lakukan karena mencegah lebih baik dari pada mengobati, mari kita rutinkan senam jantung sehat, serta memeriksakan diri  seperti tekanan darah, gula darah adn kontrol ke dokter bagi pasien jantung,” ajak Ketua YJI Cabang Provinsi Sumatera Barat.

Ada beberapa kegiatan yang diadakan pada hari ini dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia, yaitu diawali dengan senam jantung sehat, pemeriksaan tekanan darah, Pelatihan Bantuan Hidup (BHD) dan Cardiac Arrest Corner.

“Penyakit jantung bisa dicegah, mari jagalah jantung kita ,” ajaknya.

Selanjutnya Sekda Provinsi Sumatera Barat  Bapak Ali Asmar  juga mengajak masyarakat untuk memeriksa tekanan darah secara rutin, mengadopsi gaya hidup sehat, dan mejaga tekanan darah di level normal, serta  bersama-sama menyukseskan rangkaian kegiatan yang akan di adakan Yayasan Jantung Indonesia bersama PERKI, Fakultas Kedokteran UNAND, dan BPJS Kesehatan  yang di mulai dengan perayaan Hari Jantung Sedunia. Selain itu kami juga berharap semakin banyak masyarakat memahami dan menjalani pola hidup sehat guna menjaga jantung kita, tutupnya. ** Zardi/Hms

457 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*