Peran Humas Harus Semakin Profesional

Bandung,Editor,- Pesatnya kemajuan teknologi di Indonesia, peran Humas sangatlah penting untuk memberikan berita yang berimbang kepada masyarakat. Biro humas pemerintahan harus selalu mengikuti perkembangan zaman agar selalu menjadi yang terdepan dalam mengabarkan program-program yang dijalankan pemerintah.

Hal tersebut dikatakan Direktur Kemitraan Komunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dedet Surya Nandika, pada Temu Bakohumas dan Komunitas Informasi Tingkat Nasional Tahun 2016 di Hotel Harris Festival Citylink, Bandung, Kamis, (17/11) lalu.

Temu Bakohumas dan Komunitas Tingkat Nasional Tahun 2016, Rencananya akan digelar selama 3 hari, 17-19 November 2016, dengan mengusung tema Membangun Reputasi Indonesia Melalui Kerja Nyata Bakohumas dan Komunitas Informasi.
“Itu belum termasuk dari humas BUMN, jadi temu Bakohumas tersebut merupakan wadah tempat koordinasi para humas pemerintahan,” katanya

Tujuan kegiatan temu Bakohumas ini sebagai upaya melakukan koordinasi, sinkronisasi, komunikasi dan meningkatkan kerjasama antara aparatur pemerintah dalam melaksanakan fungsi government public relations (GPR) serta mendukung implementasi Instruksi Presiden (Inpres) No. 9 Tahun 2015 tentang pengelolaan informasi publik. “Peran Humas semakin hari harus semakin profesional seiring dengan zaman Masyarakat Ekonomi ASEAN,” ungkap Dedet.

Lebih lanjut dikatakan Dedet, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo maka tugas humas pemerintahan harus mengabarkan berita dan informasi kepada masyarakat secara cepat, akurat, dan masif. Sehingga tidak ada lagi informasi simpang siur di tengah masyarakat seperti yang selama ini terjadi, agar masyarakat tahu tentang program-program pemerintah. Keberhasilan dalam pembangunan harus disampaikan melalui peran humas sehingga apa yang dibuat kepala negara atau kepala daerah bisa diketahui,” jelas Dedet.

Dedet juga menerangkan bahwa peran media sosial sangat penting sebab pengguna media sosial di Indonesia jumlahnya sangat besar. “Dari sini peran humas harus mampu menguasai berbagai perkembangan yang ada, seperti Komunikasi, Teknologi Informasi, dan memanfaatkan jaringan KIM yang harus dijadikan strategi dalam menyampaikan,” ucap Dedet.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengatakan, bahwa Kehumasan memiliki peran yang sangat penting dalam mengkomunikasikan kepada masyarakat, mengenai berbagai peranan yang telah dilakukan Pemerintah dalam pembangunan, serta dalam menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

“Biasanya kekurangan kita adalah kurang gencar menghadirkan informasi pada masyarakat, apa yang dilakukan oleh Pemerintah. Tentu saya harus katakan bahwa sesungguhnya peran terbesar mengayomi masyarakat, atau peran unsur negara dalam mengayomi seluruh warga negara, untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik dan peningkatan kesejahteraan adalah unsur Pemerintah. Oleh karena itulah, harus betul – betul diinformasikan apa yang dilaksanakan oleh Pemerintah.

“Tapi makin hari tentu Kehumasan Pemerintah makin bagus, profesional kemudian secara bersama – sama merumuskan supaya tidak ada salah paham dengan masyarakat, informasi tentang apa yang telah dilakukan Pemerintah hadir unuk masyarakat kita,” tambahnya.

Aher mengatakan, Humas harus menghadirkan wajah dari sebuah produk atau program yang dijalankan. Oleh karena itulah, Humas memiliki tugas untuk mempertahankan citra positif, tentu dari substansi yang memang positif.

Indikator sukses Humas menurut Aher ialah, masyarakat mengetahui program yang dijalankan Pemerintah dengan baik tanpa ada kesalah pahaman. Bila masyarakat tidak mengetahui kinerja apa yang telah dikerjakan Pemerintah padahal Pemerintah sudah berbuat banyak, maka disitulah peran Humas kurang efektif. **Edwandi

936 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*