Peningkatan Jalan Palupuah – Pagadih Dimulai Tahun Ini

Anggota Komisi IV DPRD Sumbar Dra Armiati saat berdialog dengan Walinagari Pagadih saat meninjau rencana peningkatan perbaikan jalan Palupuah - Pagadih.
Anggota Komisi IV DPRD Sumbar Dra Armiati saat berdialog dengan Walinagari Pagadih saat meninjau rencana peningkatan perbaikan jalan Palupuah - Pagadih.

Agam, Editor.- Peningkatan Pemeliharaan jalan Palupuah – Pagadih, Kab Agam menuju Kab 50 Kota dimulai tahun 2018 ini, karena kondisi jalan ini sudah sangat memperihatinkan dan sudah sangat mendesak untuk dikerjakan.

Hal ini disampaikan Dra Armiati, Sabtu (24/2) saat melakukan kunjungan kerja meninjau Jalan Palapuah – Pagadih Kab Agam menuju Kab 50 Kota.

Menurut Armiati, sebetulnya pada tahun 2015 provinsi sudah menganggarkan hanya saja tidak terlaksana. Kedepan dia berharap kepada walinagari untuk bisa mengawasi kegiatan pelaksanaan pembangunan jalan ini, sehinga pekejaan ini bisa berjalan sebagaimana mestinya.

“Untuk tahun 2018 ini Dana Pokok Pokok Pikiran di Kecamatan Palupuah sebesar Rp 4 Milyar ditambah dari dana APBD jumlah keseluruhan mencapai Rp 15 Milyar,” ujar Armiati.

Untuk peningkatan jalan Palupuah – Pagadih,  Kab Agam  anggarannya cukup besar. Sampai ke Batas Kab 50 Kota yang panjangnya lebih kurang 12 Km dan kini kondisinya sangat parah, kalau sampai tuntas dibutuhkan dana sebesar Rp 150 Milyar.

Pada kesempatan ini Armiati selaku putra daerah berharap kepada pemerintah provinsi agar pelaksanaan kegiatan peningkatan jalan Palupuah -Pagadih ini dilaksanakan secara berkelanjutan. untuk tahun 2018 ini ada dana sebesar Rp 10 Milyar untuk jalan ini.

“Sisanya ada untuk kegiatan pemberdayaan perekonomian masyarakat miskin dan perbaikan jalan pariwisata di Sarasah Sungai Guntuang yang disediakan anggarannya dari provinsi, “ujar Armiati.

Pada kesempatan ini Walinagari Pagadih, Aliwar Kari Mudo juga menyampaikan, pertumbuhan ekonomi masyarakat di Nagari Pagadih sangat menurun. Petani kopi yang paling banyak sebelumnya sekarang beralih menjadi petani gambir.

Kedala yang dihadapi oleh masyarakat adalah berkaitan dengan transportasi, yaitu fasilitas` jalan yang kurang baik. Sekarang keadaannya boleh dikatakan rusak berat. Untuk itu atas`nama masyarakat Nagari Pagadih dan pemerintahan Nagari agar perbaikan jalan di Pagadih pada tahun 2018 sudah dimulai pekerjaannya,” harap Aliwar Kari Mudo.

Untuk peningkatan jalan Pualuah -Pagadih ini  masyarakat pagadih sudah melakukan kesepakatan bahwa tanah yang terkena pembangunan  jalan dihibahkan 100 persen tanpa ganti rugi.

Sementara itu  Walinagari Pasia Laweh Kecamatan Palupuh Kab Agam, Zul Arfin menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui annggota DPRD Provinsi dari Dapil Kab Agam atas`rencana peningkatan jalan dari Palupuah ke Pagadih

“Kami dari pemerintaha nagari dan masyarakat akan mendukung sepenuhnya kegiatan peningkatan jalan ini,” kata Zul Arifin.

Bentuk dukungan yang diberikan pemerintahan Nagari, diantaranya membuat regulasi sendiri dalam SK walinagari dengan membentuk tim bagaimana mendampingi kontraktor dalam penyelesaian kalau ada  kendala kendala yang dihadapi dilapangan, lanjutnya.

Dengan adanya perbaikan  jalan Palupuah – Pagadih ini akan memperlancar perekonomian masyarakat untuk mengakut hasil  pertaniannya   ke Pasar. Selain dari itu  akan mempermudah untuk  penanggulangan bencana yang terjadi di nagari nagari yang ada di kecamatan, ujar Zul Arfin. ** Herman

1414 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*