Pengurus KAN Payobasuang Dikukuhkan

Payakumbuh, Editor.- Pengurus  Kerapaan Adat Nagari ( KAN ) Payobasuang kecamatan Payakumbuh Timur  periode 2016-2021 di kukuhkan  Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi,dalam suatu acara di Halaman kantor KAN setempat Rabu14/9).

Kerapatan Adat Nagari (KAN) Payobasuang, periode 2016-2021 Kecamatan Payakumbuh Timur yang dikukuhkan itu, terbentuk  sebelum puasa lalu. Pengukuhan KAN itu sejalan dengan pengukuhan Bundo Kanduang Payobasuang untuk periode yang sama.

Dalam acara pengukuhan tersebut, juga hadir Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, anggota Forkopimda, asisten setdako, pimpinan SKPD serta Ketua LKAAM W. Dt. Dt. Paduko Basa Marajo,  pengurus KAN dari lima kecamatan, Camat Payakumbuh Timur L. Kefrinaldi,  anggota DPRD Dapil Payakumbuh Timur Fitrial Bahri, Nasrul, sejumlah tokoh masyarakat, dan undangan lainnya.

Walikota Riza Falepi, mengapresiasi langkah para ninik mamak  yang cukup demokratis dalam memilih kepengurusan KAN setempat. Musyawarah mufakat masih dijunjung tinggi para tokoh adat Payobasung dalam menetapkan pimpinan KAN. Sistem demokrasi yang mengakar dalam kebudayaan anak nagari Payobasung itu, perlu diteladani dan menjadi panutan oleh organisasi kemasyarakatan lainnya.

Walikota Riza Falepi berharap, keberadaan KAN Payobasuang ini,  akan menjadi wadah bagi ninik mamak dan para pemangku adat dalam membina, mengayomi dan menyelesaikan urusan anak kemenakan, baik dalam kaumnya terlebih antar kaum di tengah masyarakat.

Walikota  mengatakan, eksistensi KAN menunjukkan bahwa masyarakat Payakumbuh  masih menjunjung nilai luhur Minangkabau dengan falsafah ‘Adat Basandi Syara – Syara Basandi Kitabullah’.  Harapan walikota,  dengan semangat kebersamaan itu, akan terbangun sinergisitas dalam mendukung pembangunan antara seluruh pengurus KAN, masyarakat dan pemko, tutur walikota.

Mantan Ketua KAN Payobasung W. Dt. Paduko Basa Marajo yang kini sudah menjabat Ketua LKAAM Payakumbuh, mengungkapkan, terbentuknya KAN Payobasung didorong oleh semangat kebersamaan dan kekeluargaan yang tinggi oleh anak nagari Payobasung. Sama dengan walikota, Dt. Paduko Basa Marajo mengatakan, terbetuknya KAN Payobasung akan berdampak kepada  marwah anak nagari yang dapat difasilitasi pengurus dalam membangun Payobasung ke depan.

Ketua KAN Payobsung yang baru Erfan Joni Dt. Tan Mamat Nan Kayo menyebutkan akan menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya dan mari kita bersatu saling bersinergi dan tingkatkan partisipasi dalam membangun nagari sekaligus kita perbaiki nagari ko supaya menjadi elok, ujarnya.

Pengurus KAN Payobasuang yang dikukuhkan itu terdiri dari Ketua Umum Erfan Joni Dt.Tan Mamat Nan Kayo, Ketua I, II, III dan IV masing-masing Roza Irwandi, SE Dt. Nagari Basa Nan Hitam, Ahmad Imanto Dt.Rajo Malikan Nan Kuniang, Abizar Dt.Majo Nan Hitam, Syamsul Bahri Dt.Mangun Nan Mudo, Sekretaris Defino Putra Dt.Marajo Dirajo Nan Panjang, Wakil Sekretaris ardianis Dt.Marajo Kakondo, Bendahara Ir.Ishardi Jamhur serta dilengkapi 4 bidang.

Pengurus Bundo Kanduang Ketua Misteti, Wakil Ketua I, II dan III masing-masing Dra.Ferdayeti Albakh, Yusmalinar, Dra.Yetti Filyana, Sekretaris Rismaini, Wakil Sekretaris Silvia Rijan, Bendahara Yetti.L dan dilengkapi 3 seksinya. ** Yus

1052 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*