Pengurus ICMI Sumbar Periode 2018-2023 Dikukuhkan

Penyerahan pataka ICMI.
Penyerahan pataka ICMI.

Padang, Editor-  ICMI Sumbar Penyelamat Pembangunan Umat Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) memiliki peran tersendiri dalam pembangunan umat, karena dapat mengajak seluruh elemen masyarakat.

Untuk itu, Majelis Pengurus Organisasi Wilayah (Orwil) ICMI Sumatera Barat masa bahkti 2018-2023 berupaya memaksimalkan kegiatan, sehingga organisasi ICMI berperan penting dalam mengembangkan konsep Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah (ABS SBK) sesuai harapan.

Prof Dr Musliar Kasim, Selasa, 24 April 2018 resmi menjadi Ketua MPO Wilayah ICMI Sumbar, periode 2018-2023 dengan Sekretaris Umum, Prof Ganefri dan jajaran pengurus lainnya dikukuhkan langsung oleh Ketua Umum MPO Pusat ICMI, Prof Dr Jimly Asshiddiqie, SH setelah Sekretaris Jenderal MPO Pusat, Dr Ir. Mohammad Jafar Hafsah membacakan nama-nama jajaran pengurus dan pembacaan janji pengurus dan naskah pelantikan. Selanjutnya, penyerahan pataka ICMI dari Ketum MPO Pusat ICMI kepada Ketua Umum Orwil ICMI Sumbar.

Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya serahkan pataka ICMI untuk dikibarkan diseluruh pelosok Sumatera Barat demi kesejahteraan masyarakat bangsa dan negara,”” ucap Prof Jimly, sembari sebaliknya Prof Musliar Kasim didampingi Prof Ganefri menjawabnya dan menerima pataka, setelah diterima dikibarkannya disaksikan jajaran pengurus dan undangan lainnya.

Untuk adanya dokumen kepengurusan yang sah, dibuktikan dengan penandatanganan berita acara pengukuhan antara Ketua Umum MPO Pusat ICMI dengan Ketua Umum ICMI Sumbar disaksikan Ketua MUI Sumbar, Gusrizal Gazahar dan Sekjen MPO Pusat ICMI, Dr Ir. Mohammad Jafar Hafsah dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Pada masa periode 2012-2018 ICMI Sumbar dipimpin Marlis Rahman, gaung dan geliatnya diperiode itu surut, pergerakan ICMI biasa-biasa saja. Sekarang ICMI Sumbar dipimpin Mantan Wakil Menteri Pendidikan, Musliar Kasim melalui Musyawarah Wilayah (Muswil) pada 10 Maret 2018 lalu, terpilih sebagai Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sumatera Barat periode 2018-2023.

Pada kesempatan itu Musliar Kasim dalam sambutannya selaku Ketua Umum ICMI Sumbar, mengatakan, sebagai amanah yang harus dilaksanakan, ICMI harus berperan menegakkan dan mengembangkan “Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah”.

Ia mengambil contoh terobosan yang dibuat oleh ICMI Pusat dengan mendorong lahirnya bank syariah pertama, yakni Bank Muamalat. Menurutnya, ICMI Untuk tingkat nasional telah berperan melahirkan bank syariah pertama yaitu Bank Muamalat dan pengembangan BMT yang berpusat di masjid-masjid.

“Kiprah ICMI begitu luar biasa dan kami berharap dapat mengemban amanah ini dengan baik dan dapat membangun umat secara bersama-sama,” imbuhnya.

Sementara Ketua Umum ICMI Pusat, Jimly Asshiddiqie dalam orasi ilmiahnya mengatakan konsep yang dimiliki ICMI sejak dulu adalah Imtaq, Iptek, Iman dan ketaqwaan seseorang harus seimbang dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelajarinya.

“Dengan kepengurusan yang baru dikukuhkan ini, saya berharap agar ICMI Sumbar bisa bergerak lebih aktif dan dinamis dalam rangka membantu umat Islam dari sisi intelektualitas,” kata Prof Jimly Asshiddiqie.

Ia mengatakan ICMI sebagai organisasi intelektual, harus mampu membentengi masyarakat dari pemikiran-pemikiran yang tidak rasional, termasuk juga pemikiran yang menyimpang baik dari ajaran agama Islam maupun undang-undang negara.

Menurut Jimly, saat ini banyak berkembang berbagai kajian di masyarakat yang beberapa diantaranya tidak rasional dalam pemikiran dan cenderung melanggar konstitusi negara. Karena itu, ICMI Orwil Sumbar diminta untuk bergerak secara aktif membuat kajian-kajian ilmiah berdasarkan saintifik dan agama.

“Buatlah kajian-kajian di kampus-kampus yang isinya kajian “Cyrcle Quran and Sains”, yaitu kajian yang mengaitkan antara ayat Al-Quran dengan sains sehingga keduanya tidak selalu dibentur-benturkan,” ujarnya.

Berdasarkan laporan Ketua Panitia Pelantikan dan Pengukuhan, Guspardi Gaus mengucapkan terima kasih atas kesediaan dan kerelaan Rektor UNP yang telah memfasilitasi sehingga acara pengukuhan ini dapat terlaksana. Acara Pengukuhan ini dirangkaikan dengan Orasi Ilmiah, yang dilaksanakan di Audtorium UNP.

“Selaku ketua panitia, Saya memberikan apresiasi kepada panitia dan Civitas Akademika UNP yang telah bekerja sama sehingga acara pengukuhan ini dapat terlaksana,” ujar Guspardi Gaus, yang sehari-harinya selain saudagar juga anggota DPRD Sumbar itu. ** Agusmardi

1120 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*