Penciptaan Wirausaha Solusi Untuk Kurangi Pengangguran

Bupati Solok Gusmal pada kegiatan pembinaan UKM di Kab. Solok.
Bupati Solok Gusmal pada kegiatan pembinaan UKM di Kab. Solok.

Arosuka, Editor.-  Penciptaan wirausaha merupakan salah satu solusi untuk menekan tingkat pengangguran yang terjadi. Selain menciptakan pekerjaan bagi diri sendiri, wirausaha jika dapat membuka sebentar kerja bagi orang lain.

“Dengan semangat kewirausahaan yang inovatif, kreatif dan berdaya saing para pelaku wirausaha diharapkan menjadi ujung tombak Usaha Mikro Kecil dan Menengah bahkan koperasi yang mampu menciptakan lapangan kerja baru.” kata Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM dalam arahannya pada Kegiatan Pembinaan Kelompok Tenaga Kerja Mandirid i Ruangan Danau Dibawah, kator buypati, Arosuka, Kamis (17/1)..

Bupati Solok mengharapkan kepada dinas terkait agar dapat memfasilitasi kegiatan pemberdayaan tenaga kerja muda mandiri ini, agar dapat dijadikan sebagai usaha yang dapat bekerjasama dengan BUMNag. Sehingga kelompok usaha ini dapat berkolaborasi dengan BUMNag yang telah memiliki Market Share tersendiri.

“Kepada Camat dan Wali Nagari untuk terus melakukan pembinaan dan memberikan motivasi sehingga bantuan peralatan kerja yang diberikan dapat dimanfaatkan secara optimal,” lanjut bupati.

Sehubungan dengan terfokusnya pemerintah terhadap objek wisata yang ada di Kabupaten Solok, dengan itu semua produksi UKM dapat dipromosikan dan dipasarkan di setiap lokasi wisata tersebut, untuk itu, diharapkan wali nagari untuk dapat memberikan perhatian khusus kepada UKM yang ada melalui BUMNag_nya.

Sebelumnya ketua pelaksana kegiatan Erizal, SE, MM dalam laporannya menjelaskan Kegiatan ini bertujuan untuk (1). Menciptakan dan mengembangkan usaha baru yang mempunyai nilai ekonomi dan berdaya saing tinggi, (2) Mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya manusia terdidik dan berbakat dalam menggerakkan perekonomian dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, (3) Mengurangi angka pengangguran dari sektor informal berbasis potensi lokal.

Peserta kegiatan pemberdayaan tenaga kerja muda mandiri ini berjumlah 60 orang, yang terbagi dalam tiga kelompok usaha, antara lain : (1) Kelompok Usaha Pembuat Souvenir dari Enceng Gondok di Kecamatan Junjung Sirih, (2) Kelompok usaha Jahit Sprei dan Bedcover di Kecamatan Lembah Gumanti (3) Usaha kelompok Sablon Digital di Kecamatan Gunung Talang. ** Febrian D’Gumanti/Oktaberia/Hms

552 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*