Pencanangan BBDW ke VIII Kota Payakumbuh Tahun 2020 Berlangsung Meriah

Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma ke VIII Kota Payakumbuh.
Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma ke VIII Kota Payakumbuh.

Payakumbuh,  Editor.- Ratusan ibu-ibu PKK perwakilan kontingen yang didampingi masing-masing camat dari lima kecamatan tampak antusias menampilkan performa yel-yel kelompok mereka dengan tema “meningkatkan partisipasi masyarakat menuju Payakumbuh menang, pekarangan berdaya dan keluarga sejahtera”.

Hal itu terlhat pada Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma (BBDW) ke VIII Kota Payakumbuh Tahun 2020 berlangsung meriah di Lapangan Sari Bulan, Kelurahan Sawah Padang Aua Kuniang, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kamis (27/2).

Hadir Wali Kota diwakili Sekda Rida Ananda, Ketua TP-PKK Payakumbuh Henny Riza Falepi, Ketua GOW Ny. Machdalena Erwin Yunaz, DP3AP2KB Syahnadel Khairi, dan sejumlah pimpinan perangkat daerah lainnya.

Ny. Machdalena Erwin Yunaz selaku ketua Panitia menyebut, peningkatan swasembada pangan yang dilaksanakan di Payakumbuh terus ditingkatkan guna menjaga stabilitas pangan keluarga, disamping itu ibu-ibu dasawisma terus didorong melalui peningkatan SDM yang dilaksanakan di tingkat kelurahan dan kecamatan.

“Ibu-ibu dasawisma kita beri misi yang mulia untuk membuktikan perannya sebagai lini terdepan dalam meningkatkan kualitas keluarga, nantinya batas untuk memberikan laporan bulan bakti masing-masing dasawisma kelurahan ini adalah pada akhir Maret 2020, kita bisa lihat hasilnya disana nanti,” kata Machdalena.

Senada, Ketua TP-PKK Henny Riza Falepi mengajak ibu-ibu dasawisma untuk tidak berhenti sampai disini saat pencanangan saja, artinya Henny ingin agar bulan bakti ini tak menjadi sekedar seremonial saja.

“Kita sudah menurunkan juklak dan juknis untuk bulan bakti, kita terus mengaktifkan kelompok dasawisma dengan kegiatan hatinya PKK di rumah masing-masing. Selain itu bagaimana Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan ketahanan keluarga di masing-masing kelurahan dihidupkan dan terlaksana dengan baik dengan pencapaian yang maksimal,” kata Henny.

Sementara itu, Sekda Rida Ananda yang membuka acara menyampaikan pesan Wali Kota Riza Falepi dimana program prioritas Wali Kota adalah pengelolaan sampah. Ibu-ibu PKK diharapkan membantu bagaimana pengelolaan sampah di kelurahan berjalan dengan baik.Sekda juga menyebut bagaimana bulan bakti ini dapat berkaitan erat dengan pengelolaan sampah yang dimulai dari rumah tangga, selain hanya memanfaatkan pekarangan rumah untuk memberdayakan tanaman pangan dan menjadi income keluarga.

“Mari gerakkan pemilahan sampah dengan baik, sampah rumah tangga terpilah bisa bermanfaat untuk kompos dan bank sampah, sampah plastik berkurang dengan dipilah dan diolah dengan metode 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle),” kata Rida Ananda.

Ditambahkannya, karena menjadi prioritas program tahun ini, di Hari Ulang Tahun Kota Payakumbuh yang ke 50 juga akan digelar lomba pengelolaan sampah tingkat Kota Payakumbuh. Disini emak-emak di kelurahan bisa membantu Lurah dan LPM mengelola sampah menjadi lebih bermanfaat dan menciptakan lingkungan yang terbebas dari kotoran dan menjadi pahlawan bagi lingkungan keluarganya.

Selain itu, ada juga Lomba Lahan Pekarangan keluarga, dimana lomba untuk lahan kelompok dasawisma sudah dilakukan, sekarang Wali Kota memberikan instruksi kepada kepala dinas untuk melaksanakan penilaian di rumah warga yang mampu mengelola pekarangan dengan baik.

Acara dilanjutkan dengan pemukulan gong tanda pencanangan BBDW ke VIII dimulai. Kemudian penampilan fashion show dan peninjauan ke stand-stand kecamatan yang tampil dengan produk terbaik ibu-ibu dasawisma. ** Yus

503 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*