Penas Tani ke-XVI 2020 di Padang Kana Diikuti 60.000 Orang Peserta

Rapat teknik pembahasan persiapan kegiatan Penas Tani KTNA ke-XVI 2020 di Kota Padang.
Rapat teknik pembahasan persiapan kegiatan Penas Tani KTNA ke-XVI 2020 di Kota Padang.

Padang, Editor.- Pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) Tani, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke – XVI tahun 2020 di Padang akan digelar pada tanggal 20-25 Juni 2020 di Kota Padang Sumatera Barat. Perkiraan peserta dari seluruh Indonesia yang akan hadir lebih kurang 6.000 orang.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit seusai rapat teknik pembahasan persiapan kegiatan Penas Tani KTNA ke-XVI 2020 di Kota Padang Sumatera Barat,  di ruang rapat Abu Bakar Jafar Balaikota Padang, Jum’at (25/1/2019).

Hadir dalam kesempatan itu, Walikota Padang Mahyeldi, Asisten Perekonomian  dan Pembangunan Ir. Beny Warlis, Kadis Pertanian,  Kadis Pangan, Kadis Pariwisata, Kadis Peternakan, Ka.Bappeda, ketua KTNA Sumbar, serta OPD terkait dilingkungan pemko Padang.

Nasrul Abit lebih jauh menyampaikan dari hasil pembicaraan bahwa pemprov Sumbar akan membantu pelaksanaan Penas Tani di Kota Padang melalui dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK). Dimana saat ini pemko Padang telah menyediakan anggaran lebih kurang 21 Miliar.

Banyak kegiatan yang dilakukan dalam memeriahkan Penas Tani ke-XVI di Padang Sumatera Barat. Mulai dari penyediaan lahan pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan lain-lain dengan luas lahan lebih kurang 55 Ha.

Untuk kegiatan penyelenggaraan pembukaan dan penutupan merupakan kegiatan Kementrian Pertanian yang kita bantu memfasilitasinya di daerah. Dan ada rencana Panitia Pusat akan melakukan junjungan pada ke Sumbar pada tanggal 13 Februari 2019 untuk memastikan bentuk agenda kegiatan, sarana prasarana yang dibutuhkan serta pembangian tangungjawab kegiatan dilapangan.

Untuk itu kepada OPD terkait agar menyiapkan data-data informasi yang akurat, soal jumlah kamar hotel, perusahaan kenderaan, tranportasi serta hal-hal lain yang nanti akan kita bicarakan secara terpadu, ujarnya.

Wagub juga menyampaikan ada 7 agenda nasional yang akan diselenggarakan di provinsi Sumatera Barat karena itu kebutuhan yang amat prioritas agar kita masukan dalam anggaran APBD perubahan.

Antara lain agenda nasional di Sumbar, Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-28 di Padang,  Penas Tani, Porwil, seleksi PON, TdS 2020.

Kita berharap masyarakat dan seluruh stakeholder, komponen Sumatera Barat dapat memberikan dukungan dan sport menyukseskan penyelenggaraan event-event nasional di Sumatera Barat, ajak Nasrul Abit.

Walikota Padang Mahyeldi dalam kesempatan itu juga menyampaikan, kita libatkan masyarakat kota Padang. Saat ini kita telah menyusun memanfaatan 5000 rumah penduduk di Kota Padang untuk menerima peserta Pentas Tani.

Kita akan memberikan bantuan terhadap rumah tersebut sebesar Rp15 juta per rumah, dengan penyediaan air bersih PDAM, wc, perumahan listrik dan lain-lain yang nanti menjadi milikku masyarakat itu sendiri. .

Dan nanti pembayaran penginapan dan penyediaan makan yang dibayar Rp125 ribu per kepala/perhari selama 10 hari langsung dapat dinikmati masyarakat pemilik rumah tersebut.

Mari kita berikan pelayanan terbaik kepada tamu-tamu kita nanti untuk kebaikan Kota Padang dan nama baik Sumatera Barat, himbau Mahyeldi bersemangat.Sukseskan Penas Tani ke-XVI 2020 di Padang. ** Zardi/Hms

355 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Advertisements
Advertisements
Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*