Pemko Solok Raih Penghargaan Dari Kemen PAN-RB

Wawako Solok Reinier bersama Manteri PAN-RB.
Wawako Solok Reinier bersama Manteri PAN-RB.

Solok. Editor.  Penataan sistem kerja dan kinerja di jajaran Pemerintah Kab. Solok oleh duet kepemimpinan Zul Elfian – Reinier terus berlanjut dan mempelihatkan hasil yang siginifikan. Hal itu ditandai dengan berhasilnya  diraih beberapa penghargaan tingkat nasional oleh Pemko Solok.

Di awal tahun 2018 ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) memberikan penghargaan atas prestasi Kota Solok dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2017 dengan predikat nilai “B” atau kategori baik. Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE-AKIP) bagi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota Wilayah I di Hotel Radisson Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (25/1).

Penyerahan penghargaan langsung oleh Menpan-RB Asman Abnur yang diterima Wakil Walikota Solok Reinier bersama seluruh kabupaten/kota di Wilayah Pulau Sumatera, Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Asman Abnur mengatakan, LHE-AKIP ini diberikan menyusul evaluasi yang telah dilakukan pada 2017. Evaluasi tersebut berdasarkan amanat dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah, dan PP No 29/2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

“Kami pasang target kenaikan nilai SAKIP dari tahun 2015 sampai 2017 mulai dominan di C dan bahkan ada yang D, maka pada 2017 minimal harus C dan harus terus ditingkatkan menjadi B dan terus menjadi A. Karena kalau ada daerah yang mendapatkan nilai C, saya katakan kepala daerahnya sudah gagal,” kata Menpan.

Menpan juga menekankan dalam sambutannya, bahwa perbaikan pelayanan birokrasi sangat penting agar bisa memberikan manfaat yang maksimal kepada masyarakat, karena pelayanan birokrasi tolak ukurnya adalah capaian kinerja yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hal itu tentunya baru bisa diraih jika aparatur pemerintah telah menerapkan SAKIP dengan baik.

Wakil Walikota Solok Reinier dalam kesempatan itu mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih khususnya kepada jajaran Pemerintah Kota Solok atas capaian LHE-AKIP bagi Kota Solok di 2017, walaupun masih memperoleh predikat B.

“Alhamdulillah, bersyukur kita kepada Allah, yang penting kita telah berupaya. Namun kami mengucapkan terima kasih atas penilaian yang diberikan serta penghargaan kepada seluruh OPD yang telah berkomitmen pada LHE-AKIP”, tutur Reinier didampingi Sekdako Solok Rusdianto, SIP, MM.

“Sebenarnya kita sangat punya keinginan ada peningkatan menjadi predikat BB pada kesempatan ini, bahkan A. Namun semoga di tahun 2018 Kota Solok akan mendapatkan predikat A atau setidaknya BB, tentunya hasil yang kita capai sekarang membuktikan masih banyak yang harus kita lakukan dalam perbaikan pelayanan birokrasi sebagaimana yang disampaikan Menpan dalam amanatnya,” tutur Reinier.

Sementara itu, dilain tempat di sela penyelenggaraan Rakor Gubernur dan Bupati/Walikota di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat, Walikota Solok Zul Elfian juga mengutarakan hal senada.

“Untuk hasil yang kita capai, saya ucapkan terimakasih kepada seluruh ASN di OPD terkait yang senantiasa bekerja dengan baik dalam hal ini. Kita berkomitmen untuk terus melakukan perubahan dan memperbaiki sistem tata kelola pemerintahan yang semakin baik lagi ke depannya,” jelasnya.

Selain itu, Zul Elfian juga mengatakan, pihaknya perlu melakukan evaluasi-evaluasi,  khususnya dari para pimpinan OPD terkait untuk meningkatkan AKIP. Di samping itu juga terus berkonsultasi dengan Kemenpan-RB terkait apa saja hal yang mesti ditingkatkan lagi ke depan. ** Mempe

477 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*