Pemko Pariaman Sosialisasikan Perda LGBT

Sosialisasi Perda Pariaman
Sosialisasi Perda Pariaman

Pariaman, Editor.-  Walikota Pariaman Genius Umar membuka secara resmi sosialisasi  empat  Peraturan Daerah Kota (Perda) Kota Pariaman Tahun 2019, diantaranya Perda tentang LGBT, bertempat  di ruang ertemuan Restoran Joyo Makmur jalan By Pas Kota Pariaman, Senin (5/8).

Sosialisasi Perda Kota Pariaman Tahun 2019 ini dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 5 s/d 8, dengan nara sumber dari Bagian Hukum dan HAM, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Keempat Perda tesersebut adalah Perda Nomor 3 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Perda Nomor 8 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum Bagi Warga Miskin, Perda Nomor 3 Tahun 2018 tentang Perangkat Desa, Perda Nomor 10 Tahun 2018 tentang Kententraman dan  Ketertiban Umum.

Dalam sambutannya Wako Genius Umar mengatakan, kepala desa dituntut agar dapat menjadikan Perda ini sebagai acuan, kemudian diteruskan menjadi Perdes. Sehingga masyarakat desa dapat memiliki responsif atau tanggungjawab untuk melaksanakan Perda ini.

“Masyarakat perlu tahu bahwa setiap perda itu ada sanksinya, ada sanksi denda dan ada juga sanksi tindak pidana ringan, kata Genius Umar.

Menurut Genius Umar, hanya Kota Pariaman  yang telah membuat Perda khusustentang  LGBT dengan sanksi denda Rp 5 juta. Sehingga banyak  pemerintah daerah lain yang  mau belajar Kota Pariaman, termasuk kedutaan  luar negeri dengan melakukan studi banding ke Kota Pariaman.

“Diharapkan masyarakat desa memahami dan juga ikut dalam mengindahkan Perda ini. Melalui Perda ini, desa bisa juga membuat Perdes yang menyangkut Keamanan dan Ketertiban Umum,” ulas Genius.  

Kegiatan tersebut dihadiri Plt.  Asisten  I  Noviardi Asisten II Sumiramis, Kabag Pemerintahan Desa  Efendi Jamal, Kepala Dinas Sosial Afnil.  Plt Kabag Hukum Riki,  staf Dokumentasi Rozi dan staf Protokoler Ridwan. **Afridon.

184 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*