Pemko Pariaman Libatkan Polres Pariaman Dalam Pengawasan Dana Desa

Penandatangan MoU Dana Desa Kota Pariaman.
Penandatangan MoU Dana Desa Kota Pariaman.

Pariaman , Editor.-   Dengan  melibat  Polres Padang Pariaman,  pengawasan dana desa mungkin lebih aman karena angggota Babinkamtibmas ada setiap desa.

Kepala BPKP Provinsi Sumbar Dani Amanda, menjelaskan bahwa pengelolaan dana desa saat ini sudah menggunakan sistem aplikasi yang disebut SISKUEDES yang digunakan untuk mempermudah kepala Desa dan perangkat Desa dalam melakukan perencanaan dana desa, menyusun RPJM dan akhirnya bisa di entrikan kedalam aplikasi tersebut.

“Dengan dimasukannya data kedalam aplikasi SISKUEDES tersebut maka dapat dijadikan sebagai pedoman bagi kepala desa dan perangkatnya untuk menyesuaikan dari apa yang direncanakan semula, sehingga penatalaksanaan dan pelaporan dana desa tersebut akuntabilitas dan transparan,” ujarnya.

Dani juga berharap Pemerintah Desa bisa profesional, efektif dan efisien dalam mengelola dan memperbaiki pelayanan desa serta memperkuat warga desa sebagai subjek pembangunan.

Sedangkan, Kapolres Pariaman AKBP. Bagus Suropratomo Oktobrianto mengatakan bahwa polres dapat memberikan rekomendasi maupun pertimbangan kepada Kepala Desa terhadap penggunaan dana desa agar sesuai dengan kebutuhan dan perencanaan yang ditetapkan.

Bagus mengungkapkan penggunaan Dana Desa memungkinkan adanya celah, terjadinya penyimpangan seperti mark-up, penggunaan dana yang tidak sesuai dengan perencanaan program dan penyimpangan-penyimpangan terkait pertanggung jawaban dalam penggunaan dana Desa.

“Kepala Desa dan perangkat Desa harus mempertanggungjawabkan dengan dana yang diberikan dan digunakan dengan semestinya dalam melaksanakan program yang ada di desa agar tidak terjadi resiko penyelewengan”, tutupnya. ** Afridon

 

581 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*