Pemko Pariaman Daerah Pertama  yang Serahkan  BLT Bagi Warga Terdampak Covid-19

Genus Umar menyerahkan BLT dari Dana Desa.
Genus Umar menyerahkan BLT dari Dana Desa.

Pariaman, Editor.- Hari ini Kota Pariaman “Pacah Talua” atau yang pertama menyerahkan Bantuan langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa di  pulau Sumatera, dengan membagikan  Rp 600 ribu per Kepala Keluarga untuk warga yang terdampak Covid-19.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat penyerahan secara simbolis BLT tersebut di Kantor Desa Kurai Taji, Pariaman Selatan, Kamis ( 30 /4), didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Provinsi  Sumatera Barat  Syafrizal  ( Ucok ), wartawan senior Gusfen Khairul, Kepala OPD  dan Camat di kota Pariaman.

Lebih lanjut Genius menjelaskan, dana BLT itu saat ini sudah berada di Bank BNI yang bersumber dari dana Desa  dan penerima langsung diberikan buku tabungan dan sudah bisa diambil langsung  oleh penerima.

“Penerima BLT Dana Desa langsung menerima buku tabungan  dari BNI , dan bantuan ini juga bebas biaya administrasi,” kata Genius Umar.

Hal ini disamping memudahkan penerima BLT dan juga physical distancing tapi yang terutama edukasi untuk e- money warga kota pariaman , dan penyaluran BLT ini lebih transparan.

Pada saat yang sama juga Wali Kota Genius Umar  juga telah menetapkan penerima BLT yang bersumber dari APBD Kota Pariaman dan untuk penerima BLT yang bersumber dari APBD Provinsi juga telah disampaikan ke Gubernur Sumatera Barat pada Senin (27/4) yang lalu.

“Kita telah menyelesaikan validasi semua data secara terpadu untuk menghindari tumpang tindih bantuan ini,” katanya.

Genius  Umar menyampaikan, nama penerima bantuan BLT tertera di kantor desa dan kantor kelurahan. Untuk kontrol BLT ini agar tidak ganda, Pemda Pariaman juga memasang stiker penerima bantuan di rumah rumah warga.

“Jjika ada warga yang baru pulang dari perantauan dan terdampak COVID-19, tetapi tidak masuk data penerima BLT agar melapor pada  Desa atau Lurah,” pungkasnya. ** Afridon

388 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*