Pemko Padang Gelar Festival Silat Internasional




Pesilat dari Danau Kembar Kab. Solok kategori 9 sampai 14 tahun saat mengikuti lomba.
Pesilat dari Danau Kembar Kab. Solok kategori 9 sampai 14 tahun saat mengikuti lomba.

Padang, Editor.- Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat Adip Alfikri, Kamis  (12/7) membuka secara resmi Festival Pencak silat Internasional yang diadakan di  Bumi Minang Hotel Padang .  Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekjen PB IPSI Pusat Erizal caniago dan Ketua Umum Pengda IPSI Sumbar Dr fauzi Bahar, Msi.

Menurut Kadispora Sumbar Adip Alfikri, pemerintah provinsi sangat mendukung kegiatan Festival Silat Internasional ini diadakan oleh Kota Padang dan ia juga berterima kasih kepada Walikota Padang yang sudah menganggarkan  dana untuk kegiatan pencak silat ini.

Pada kesempatan ini Adip juga memuji Fauzi Bahar sewaktu menjabat Walikota Padang juga sudah berupaya untuk mengembangkan olah raga  pencak silat di Kota Padang.

Sementara itu Sekjen PB IPSI Pusat Erizal Chaniago juga menyampaikan, Kota Padang bisa dicontoh oleh daerah lain  bisa melaksanakan iven internasional. Dengan adanya festival bisa menggali aliran murnipencak silat tardisional  dan kita bisa mengembangkan pencak silat ini jangan sampai punah.

Sumatera Barat sangat luar biasa bisa melaksanakan berbagai iven pencak silat. Seperti Gelanggang Silih Berganti yang bisa mengumpulkan perguruan perguruan yang ada di Sumatera Barat, sehinga orang luar yang datang ke Sumatera Barat bisa melihat keasliannya.

“PB IPSI sangat mengapresiasi kegiatan ini.  Bila perlu daerah lain bisa mencontoh Kota Padang dalam melaksanakan iven besar ini . Saya bangga dengan perkembangan silat di Sumatera Barat. Kalau begini perkembangan silat di Sumatera Barat maka  Sumatera Barat bisa mewakili dunia nantinya, “ ujar Erizal.

Sementara Kepala Dinas Olahraga Kota Padang Azwin, SH, MH menyampaikan, pelaksanaan Festival Pencak Silat Internasional  tahun 2018 ini merupakan yang kedua kalinya. Pertama kali diadakan pada tahun 2016. Pada Festival Pencak Silat Internasional 2018 bertema Festival Silat Internasional Ajang Silaturahmi Pesilat Dunia di Kota Padang.

“Iven ini merupakan salah satu nilai tambah bagi Kota Padang dalam keberadaan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan.  Kita mengajak sebanyak banyaknya peserta dari luar negeri atau dari luar Sumatera Barat untuk hadir di Kota Padang dan tahun 2018 peserta mencapai 936  orang,
“ jelas Azwin.

Negara yang ikut serta dalam kegiatan Festival Pencak Silat Internasional  tahun 2018 di Kota Padang adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam dan Suriname. Sedangkan provinsi yang ikut sebanyak 6 Provinsi dan dari Sumatera Barat diikuti 18 Kabupaten/Kota dan jumlah peserta keseluruhan 936 peserta.  ** Herman

 

.

 

 

 

92 Total Dibaca 4 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*