Pemko Padang Akan Berlakukan Izin Khusus Rumah Kos

Padang, Editor.- Pemerintah Kota Padang berencana akan memberlakukan pajak serta izin khusus bagi rumah kos. Selama ini usaha kos-kosan selama ini tidak memberikan dampak langsung terhadap keuangan daerah, kecuali saat pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Untuk itu Panitia khusus III DPRD Kota Padang tengah membahas Ranperda Perubahan atas Perda No. 23 tahun 2012 tentang Pengelolaan Rumah Kos, Kamis (12/5).

Pembahasan dilakukan bersama Bagian Hukum, Dispenda dan Badan Penanaman Modal di gedung DPRD Padang. Pembahasan dilanjutkan pada Jumat (13/5) bersama Dinas Tata Ruang Tata Bangunan (DTRTB) Padang.

Ketua Pansus III DPRD Padang, Yandri Hanafi mengatakan, ke depan akan ada pemberlakuan izin gangguan atau izin khusus rumah kos. Disamping memiliki IMB, mereka juga harus mengurus izin usaha rumah kos. Walaupun pemilik rumah kos hanya ada satu kamar yang disewakan, tetap diberlakukan izin usahanya.

Sementara, bagi rumah kos yang memiliki lebih dari sepuluh kamar akan dikenakan pajak seperti hotel. “Namun, berapa besaran pajaknya masih dalam pembahasan,” ujar Yandri.

Pansus, kata Yandri, akan melakukan pembahasan lebih dalam terhadap Ranperda tersebut. Dalam waktu dekat, Pansus akan melakukan peninjauan lapangan ke kawasan Air Tawar, Gunung Pangilun, Pauh, Lubuk Lintah dan lainnya.**Arman

838 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*