Pemkab Tanah Datar Laksanakan Rakor

Batusangkar, Editor.- Rapat Kordinasi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang sempat tertunda  dilaksanakan pada Senin (15/1) seusai Apel pagi bersama bertempat di Aula Kantor Bupati. Kegiatan itu dihadiri oleh Sekda Hardiman, Staf Ahli Bupati, para Asisten, Kepala OPD dan penjabat eselon II dan III di lingkungan Pengkab Tanah  Datar.

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darman pada arahannya mengatakan, dalam penyelenggaraan pemerintahan tidak terlepas dari fungsi manajemen. Fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan menjadi hal pokok berhasilnya pembangunan yang dicita-citakan..

RPJMD Tanah Datar 2016-2021 yang telah disepakati harus didukung secara bersama-sama melalui program/kegiatan sehingga target-target akan tercapai di akhir masa jabatan.

Dalam RPJMD Tanah Datar sudah ditetapkan kebijakan umum daerah berupa 4 gerakan terpadu yakni peningkatan kualitas SDM, peningkatan sektor pertanian, peningkatan dan pengembangan pariwisata dan peningkatan pelayanan publik. “Gerakan terpadu ini benar-benar dikerjakan secara terpadu antar instansi terkait sehingga hasilnya bisa maksimal,kita contohkan. Pembangunan sektor pertanian tidak hanya menjadi tugas Dinas Pertanian, tetapi perlu sering-sering didiskusikan dengan Dinas PU dan Dinas Koperindag.

Dinas Pertanian paham tentang bibit, teknologi pertanian dan punya lahan, ini tidak akan berhasil jika tidak mendapat sokongan dari Dinas PU yang akan membantu irigasi serta Dinas Koperindag yang mengembangkan pemasaran serta peningkatan harga komoditi,

“Untuk itu  ketiga kepala dinas ini agar bisa berkoordinasi dan  berkumpul bersama untuk membicarakan hal yang menyangkut bagaimana pengembangan sektor pertanian di  Tanah Datar yang menjadi penyumbang PDRB terbesar, tidak perlu  dilaksanakan secara formal, bisa dengan ngopi bareng,harap Zuldafri Darma

Ditambahkan Wabup  Karena sangat penting perencanaan yang matang, komprehensif, holistik, terpadu dan terintegrasi atas program/kegiatan OPD. “Perencanaan yang sinergitas antar OPD mulai dari hulu sampai hilir, akan memberi manfaat dan arti yang besar bagi kemajuan daerah,Untuk itu momentum musrenbang nagari yang sudah dimulai pada Januari ini, agar betul-betul diarahkan oleh OPD untuk pencapaian target RPJMD 2016-2021”. Ujar Wabup

Selanjutnya Wabup juga minta OPD yang juga dibantu oleh  Camat agar mengarahkan perencanaan di nagari, mengingat dana yang dikelola nagari sudah sangat besar, secara total minimal Rp. 2 Milyar per nagari.

Kepada Kepala OPD yang hadir diingatkan untuk selalu membangun suasana kerja yang kondusif sehingga lahir lingkungan kerja yang produktif, menciptakan komunikasi dan kondisi yang kondusif di internal masing-masing agar tidak terjadi gejolak.

“Jangan sampai ada yang saling menggembosi, tunjukkan kinerja dan loyalitas yang positif,untuk itu setiap OPD  bisa melahirkan inovasi-inovasi baru. Kita semua telah sepakat, minimal lahir satu inovasi di setiap OPD, inovasi-inovasi akan mempercepat akselerasi pembangunan dan perbaikan kualitas pelayanan publik,” kata Zuldafri Nurdin.

Sekda Hardiman dalam laporannya menyampaikan  rapat koordinasi ini bertujuan untuk mengevaluasi apa yang sudah dilaksanakan pada tahun lalu dan penyempurnaan untuk tahun berikutnya dalam rangka mencapai visi dan misi pembangunan Tanah Datar.

“Tahun 2017 kita jadikan bahan evaluasi perbaikan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan pada tahun 2018, kita harus terus berbuat lebih baik dari tahun ke tahun,” ujar  Hardiman. ** Jum

 

785 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*