Pemkab Tanah Datar Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Upacara memperingati hari lahirnya Pancasila di Kab. Tanah Datar.
Upacara memperingati hari lahirnya Pancasila di Kab. Tanah Datar.

Batusangkar, Editor.- Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf Edi Sugiarto Harahap bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara  memperingati hari lahirnya Pancasila, Sabtu (1/6) bertempat di lapangan Cindua Mato Batusangkar.

Kegiatan itu dihadiri oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi , Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Kapolres Tanah Datar AKBP Buayuaji Yudha Prajas, Forkopinda, Pj.Sekda Tanah Datar Elfi Rahmi Harum dan kepala OPD.

Inspektur Upacara Letkol Inf Edi Sugiarto Harahap membacakan pidato tertulis dari Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) yang isinya antara lain, Indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan Tanah Air Indonesia. Kesatuan gugus pulau yang berada di dua samudera, Fasifik dan Hindia serta dua benua, Asia dan Australia. 

Sebagai bangsa yang memiliki ruang hidup tanah air sebagai satu kesatuan, ada relasi dan perpaduan daratan dan laut yang saling menguatkan sebagaimana dalam konsep wawasan nusantara. Di wilayah nusantara tumbuh flora dan fauna yang beragam. Keberagaman inilah secara natural merupakan karakteristik dari Keindonesiaan. 

Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa yang merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa bagi Bangsa Indonesia, walau kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila itu.

Pancasila sebagai bintang penuntun, keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan, “Bhinneka Tunggal Ika.” Dalam konteks itulah pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari lahirnya Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. 

Mengenang dan menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah, kita memperingati hari lahirnya Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional. Dan juga tidak sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan Piagam Jakarta oleh Panitia Kecil pada tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

Dengan merayakan hari lahir Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai leitstars dinamis, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang berorientasi pada arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan. Dan memberikan energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan masa depan bangsa.melalui peringatan hari lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2019 ini, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi Politik Harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.Kita semua harus terus konsisten merealisasikan pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh Bangsa Indonesia,” ujar Edi Sugiarto Harahap

Memperingati hari lahirnya Pancasila kali ini di Tanah Datar yang bertepatan dengan hari libur lebaran, namun seluruh ASN, TNI/Polri yang menjadi peserta upacara tak satupun yang meliburkan dirinya dan mereka secara khidmat mengikuti seluruh kegiatan upacara,

Seusai upacara dilanjutkan dengan pemusnahan barang Bukti (BB) mercon/petasan hasil tangkapan dari Satpol PP  dan Tim Gabungan Tanah Datar yang melakukan razia selama suci  bulan Ramadhan. ** Jum

222 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*