Pemkab Tanah Datar Gelar Rakor Penanggulangan Kemiskinan

Batusangkar, Editor,- Wakil Bupati Tanah Datar  Zuldafri Darma, membuka rapat koordinasi Penanggulangan Kemiskinan yang dihadiri oleh Sekda Irwandi, Asisten Administrasi Umum Helfi Rahmy Harum dan Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah, Selasa (5/11) bertempat di Aula Kantor Bupati Tanah Datar.

Zuldafri Darma dalam sambutannya menyatakan, penanggulangan kemiskinan merupakan kebijakan dan program pokok pemerintah yang dilakukan secara sistematis, terencana dan bersinergi dengan dunia usaha beserta masyarakat, sehingga jumlah penduduk miskin semakin berkurang dan derajat kesejahteraan rakyat semakin meningkat.

Guna mengurangi penduduk miskin dan meningkat kesejahteraan masyarakat, pemerintah telah melakukan berbagai upaya serius. “Kita harus menyatakan perang terhadap kemiskinan di Tanah Datar, karena itu pemerintah berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil dan usaha lainnya,” ujar Zuldafri Darma.

Selanjutnya Wabup menyatakan. Alhamdulillah, berdasarkan data BPS pada tahun 2017 lalu ada 19.269 jiwa masyarakat miskin, tahun 2018 berhasil kita menurunkan angka kemiskinan tersebut menjadi 18.483 jiwa dari 347.407 jiwa jumlah penduduk Tanah Datar. “Dari hasil yang telah kita capai, maka Kabupaten Tanah Datar menjadi Kabupaten yang paling rendah dari 12 Kabupaten di Sumbar, bila dilihat dari angka kategori penduduk miskin. Namun tentunya itu tidaklah menjadi rujukan utama kita dalam bekerja, karena terkadang angka tersebut tidak sebanding dengan fakta yang  kita temui di lapangan, karena itu marilah  kita bersama-sama bekerja memerangi kemiskinan di Luhak Nan Tuo ini,” harap Wabup.

Di akhir sambutannya, Wakil Bupati  menyampaikan langkah yang harus  dilakukan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan, dengan penyempurnaan program perlindungan sosial, peningkatan akses memperoleh layanan dasar bagi masyarakat, serta pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

Komitmen kita  dalam mengentaskan masalah kemiskinan ini tidak perlu diragukan lagi, hal ini  dibuktikan dengan telah  terbentuknya  Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK), yang hari ini menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), sehingga Rakor ini bisa memperoleh berbagai langkah nyata, saran dan serta masukan yang  kreatif dan  inovatif dalam mengentaskan kemiskinan di Tanah Datar ke depannya,harap Wabup.

Kepala Dinas Baperlitbang Alfian Jamrah dalam laporannya  menyatakan, Pelaksanaan rapat koordinasi sehari ini, bisa menampung dan menginventarisir berbagai persoalan dan langkah yang akan dilaksanakan untuk penanggulangan kemiskinan.

“Rakor ini bertujuan mengurangi beban dan memberikan solusi bagi masyarakat miskin, agar keluar dari kemiskinan dengan sinergi kebijakan dan program yang disiapkan pemerintah, seperti melalui Dinas Sosial, kesehatan, PMPTSP dan Naker, Pertanian dan lainnya,” ujar Alfian.

Selanjutnya, Alfian menambahkan, untuk itu  diharapkan semua stakeholder yang hadir pada rapat inj sebagai pemangku kebijakan, termasuk camat dan wali nagari, nantinya akan  menjadikan hasil Rakor ini sebagai tolok ukur, dalam memberikan solusi apa yang akan kita berikan bagi masyarakat miskin di daerah masing-masing.

Rapat koordinasi TKPK ini dipandu langsung oleh Sekda Irwandi serta diikuti oleh  Kabag di lingkungan Setda Tanah, Kepala OPD, Camat, dan Wali Nagari se Kabupaten Tanah Datar. **JUM

103 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*