Pemkab Tanah Datar Akan Wisuda Hafiz Untuk Kedua Kali

Batusangkar, Editor.- Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyatakan, Wisuda Hafiz untuk yang kedua kalinya akan dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2017 bertempat di halaman Istano Basa Pagaruyung. Tujuannya adalah sebagai upaya mendorong anak-anak Tanah Datar Luak Nantuo untuk memotivasi menghafal Al-Qur’an.

Hal ini disampaikan oleh Irdinansyah Tarmizi saat jumpa pers,dengan para wartawan yang bertugas di Tanah Datar  Rabu (18/10) di Aula Eksekutif kantor Bupati.

Irdinansyah menyatakan. Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terus mendorong upaya mewujudkan cita-cita kabupaten Tanah Datar sebagai Kabupaten Tahfiz.

“Dengan kegiatan yang telah kedua kalinya ini berarti Tanah Datar telah mewisuda 2000 hafiz, namun bukan berarti Kabupaten Tanah Datar telah menjadi Kabupaten Tahfiz, karena dilihat dengan jumlah siswa di Kabupaten maka 2.000 hafiz masih jauh. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut kita perlu waktu, bila perlu ditahun depan tidak hanya wakaf 1.000 hafiz  namun 5.000 atau 6.000 hafiz akan kita visuda,”ujarnya

Juga Bupati menyatakan bagi siswa-siswa yang hafiz dengan jumlah tertentu bisa memilih sekolah terbaik di Tanah Datar mulai dari tingkat SLTP,SLTA dan pemda telah membikin serat edaran kepada sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Tanah Datar untuk melaksanakannya  bahkan IAIN Batusangkar juga memberi prioritas dengan memberi beasiswa.

“Untuk itu dalam rangka memberikan semangat dan motivasi, diberikan reward kepada  4 orang hafiz dan hafizah terbaik dan terbanyak hafalannya berupa umroh yang disumbangkan oleh para perantau H Bustamam dan Merry Warti, Hedra Riswan Dt Sinaro dan Travel AET, ke semuanya berangkat pada tahun ini,” ungkap Irdinansyah Tarmizi.

Program ini menjadi salah satu program prioritas dari Kabupaten Tanah Datar dalam pembentukan karakter generasi muda, karena berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti UI.ITB IPB Bogor,UGM dan yang lain-lainnya, menyatakan bahwa seorang penghafal Al-Qur’an mempunyai daya tangkap dan IQ lebih dari pada anak yang tidak penghafal Al-Qur’an. “Selanjutnya anak Hafiz mempunyai karakter lebih mulia dari pada anak yang tidak penghafal Al Qur’an,karena mengafal Al-Qur’an selain memrgunakan fikiran/otak dan juga mempergunakan hati,ujar Bupati

Lebih lanjut Irdinansyah Tarmizi menyebutkan, pada kegiatan wakaf 1000 hafidz itu juga akan diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad Syauqi Bin KH Zainuddin MZ.  Selain itu kita juga akan mengundang seorang hafidz 30 juz yang baru berusia 9 tahun dari Pekanbaru yang telah mendapatkan gelar Syeikh dari Arab, yaitu Syekh Abdurrasyid. Dan juga akan dihibur dengan penampilan grup kasidah,bagi masyarakat yang ingin menyaksikan dihaarapkan untuk memmakai pakaian muslim yang berwarna putih dan bawahannya hitan,dan dalam acaraq tersebut juga kita akan memberikan Al-Quran kepada para rumah Hafis yang pada saat itu ikut menghadirinya.

”Dari itu saya mengimbah kepada masyarkat Tanah Datar untuk  dan juga kita mengundang masyarkat Sumatera Barat untuk menyaksikan acara tersebut” ujar Irdinansyah

Ketua Pelaksana Afrizon menambahkan, pada wisuda jilid II ini akan diikuti 635 orang hafidz dan hafidzah 1 juz dari siswa SD dan malah satu diantaranya masih taman kanak-kanak, dan sebanyak 363 hafidz dan hafidzah 2 tingkat SMP selanjutnya ada juga peserta yang hafalannya paling banyak yaitu 20 juz.

“Mereka semua telah diseleksi oleh lembaga ladzna Kabupaten Tanah Datar sebanyak 4 tahapan, yang dimulai pada bulan April yang lalu dan terakhir pada Minggu kemarin. Dan jumlah peserta yang diseleksi sebanyak 1.839 orang dari 76 rumah tahfidz yang ada di Kabupaten Tanah Datar, ini sudah termasuk 4 rumah tahfidz binaan Pemda Tanah Datar, ungkapnya.

Acara jumpa pers  tersebut juga dihadiri oleh  Asisten Pemerintahan dan Kesra Mukhlis, Asisten Ekobang Helfy Rahmy Harun, Kabag Kesra Afrizon dan Kabag Humas Syahril. ** Jum

570 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*