Pemkab Tanah Datar Akan Bangun Jalan Dua Jalur

Batusangkar, Editor.- Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam bebrapa kegiatan menyampaikan .Kota Batusangkar yang merupakan ibukota Kabupaten Tanah Datar saat ini sedang membangun trotoar, darainase serta memperbaiki jalan di beberapa titik. Ke depan Pemerintah Daerah merencanakan membangun jalan dua jalur di pintu  masuk ke kota  Batusangkar.

“Dinas Pekerjaan Umum tahun 2017 ini telah melaksanakan pembangunan drainase dan trotoar di jalur jalan IAIN Batusangkar Lima Kaum dan jalan Lintas Cubadak ke simpang manunggal Lima Kaum, sehingga diharapkan masyarakat pejalan kaki lebih nyaman dan aman,” ujar Irdinansyah Tarmizi.

Ditambahkan Irdinansyah, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar tidak hanya mengedepankan pembangunan mental dan spiritual saja, pembangunan fisik tetap menjadi prioritas utama. “Untuk meninggalkan kesan mendalam bagi wisatawan yang berkunjung ke Tanah Datar, di jalur pintu masuk ke kota Batusangkar seperti dari perbatasan di Cubadak ke Simpang Manunggal Lima Kaum dan dari Sungai Tarab sampai Sijangek direncanakan akan dibangun jalan dua jalur, sehingga kenyamanan dalam berlalu lintas,dan juga  keindahan bisa dicapai” tambahnya.

Untuk itu  kepada masyarakat di sekitar area pembangunan, terutama di pinggiran jalan raya untuk mendukung rencana program ini, karena tentu saja pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah adalah bertujuan untuk kemaslahatan masyarakat Tanah Datar juga. “Kepada masyarakat di pinggiran jalan raya yang tanahnya termasuk atau menjadi bagian dari pembangunan drainase, trotoar maupun pelebaran jalan untuk bisa  mendukung dan bekerjasama dengan pemerintah, jika membutuhkan  ganti rugi atau tidak tolong sampaikan” harap Irdinansyah

Kepala Dinas PU Thamrin didampingi Kabid Cipta Karya Lovely Harman dan Kabid Bina Marga Ronny Elisman menyampaikan, Dinas Pekerjaan Umum Tanah Datar telah, sedang dan akan melaksanakan berbagai program pembangunan untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas dari sarana dan prasarana publik seperti.Pembangunan trotoar dan drainase yang  telah dilaksanakan dari Simpang Empat Bukik Gombak sampai Simpang SMK dan saat ini juga  sedang dilaksanakan di jalan IAIN Batusangkar sampai ke Bendang Kubu Rajo  dengan nilai kontrak  Rp.868 juta dan Simpang Manunggal sampai Cubadak dengan nilai kontrak Rp.808 juta dan juga  akan dilaksanakan mulai  dari jembatan Malana sampai simpang Perumahan Malana.ujar Thamrin

Ditambahkan Kadinas, “saat ini Dinas Pekerjaan Umum Tanah Datar mempunyai program peningkatan kualitas jalan yang terbagi dua paket dengan nilai dana masing-masing Rp.13 M tersebar di seluruh daerah Tanah Datar. “Paket 1 sepanjang 13 KM dan yang di dalam kota adalah dari Simpang BRI sampai simpang Kiambang sepanjang 2 KM, sementara Paket 2 sepanjang 10 KM yang di dalam Kota dari Simpang BRI sampai ke Simpang STM Bukik Gombak sepanjang 2 KM.”

Lebih lanjut Thamrim menjelaskan, dalam tahun 2017 banyak program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan dan tersebar di wilayah Tanah Datar. “dibeberapa titik daerah seperti jalan menuju Istano Pagaruyung sudah dibangun bahu jalan, penambahan lampu di lapangan Cindua Mato, pelebaran jembatan,untuk itu pemerintah daerah berusaha ke propinsi untuk melimpahkan jalan yang di dalam kota menjadi jalan Kabupaten. Sementara untuk jalan dua jalur di Cubadak dan Sungai Tarab menuju Kota Batusangkar sudah masuk tahap DED atau sudah masuk ke  konsultan perencana dan diharapkan bisa terlaksana dalam waktu dekat.

Dengan selesainya seluruh pembangunan baik itu trotoar,drainase dan juga perbaikan jalan di sekitar kota Batusangkar akan menambah keindahan dan kenjamanan masyarakat untuk berkunjung ke Batusangkar.ungkap Thamrin.  ** Jum

938 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*