Pemkab Solok Peringati HKN ke 55 di Pasilihan

Bupati Gusmal menyerahkan tropi kepada juara kegiatan HKN ke 55.
Bupati Gusmal menyerahkan tropi kepada juara kegiatan HKN ke 55.

Pasilihan, Editor.- Bertempat di  Lapangan Bola Kaki Nagari Pasilihan Kec. X Koto Diatas, Pemerintah Kabupaten Solok memperingati Hari Kesehatan nasional (HKN) ke 35, Senin (18/11).

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM, Staf Ahli Bupati Aliber Mulyadi, Sekda Kab. Solok Aswirman, SE. MM, Kepala DInkes Kab. Solok dr. Maryeti Marwazi, Mars dan Kepala SKPD lainnya di Lingkup Pemerintah Kab. Solok, Ketua TP PKK Kab. Solok Ny. Desnadevi Gusmal, Camat X Koto Diatas Teta Midra, S.STP, Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kab. Solok Ifoni Munir, S.Farm. Apt. Anggota DPRD Kab. Solok dan Forkopimcam X Koto Diatas.

Dalam laporannya ketua pelaksana  yang juga Kadis Kesehatan – dr. Maryeti Marwazi, Mars menjelaskan, melalui momentum ini kita wujudkan masyarakat hidup sehat (germas) di Kab. Solok guna mensukseskan visi Kab. Solok di bidang kesehatan. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan pelayanan kesehatan ke daerah-daerah dan menjalin silaturrahmi antar sesama petugas medis maupun dengan masyarakat. Jambore HKN ini diikuti oleh  seluruh UPT Puskesmas yang ada di Kab. Solok dan berlangsung selama 3 hari (16 – 18 November 2019).

Pada kesempatan itu Menteri Kesehatan RI dalam pidato tertulis yang dibacakan oleh Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MMmenegaskan arahan Presiden RI, ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas, yaitu Stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional.

Isu-isu strategis telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan, antara lain dengan menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dengan menurunnya angka TB. Dalam kurun waktu 5 tahun angka stunting telah berhasil diturunkan hampir 10%.

“Mari bersama kita cari solusi untuk untuk mengatasi masalah yang dihadapi saat ini dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih adil dan merata

Untuk meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, dibutuhkan dedikasi dan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam sektor kesehatan di tingkat pusat dan daerah

Mari kita konsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan kita untuk menitikberatkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekad untuk memajukan bangsa. Diharapkan generasi sehat yang kita perjuangkan bersama dapat menjadi SDM unggil yang akan mengiosi 100 tahun Indonesia merdeka pada tahun 2045 yang bertepatan saat bonus demografi untuk mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju, makmur dan sejahtera,” harap menteri.

Pada puncak pelaksanaan HKN tersebut, diakhir kegiatan Bupati juga menyerahkan penghargaan kepada pemenang/juara umum pada beberapa perlombaan yang telah dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HKN ke 55 ini, dan juga diikuti dengan penyerahan bantuan alat sekolah yang diserahkan untuk anak SD.Juara umum tersebut di raih oleh UPT Puskesmas Singkarak. ** Rhian/Doni/Hms

234 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*