Pemkab Solok Laksanakan Rakor P3MD

Padang, Editor.- Pemerintah Kab. Solok melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) bertempat di Hotel Ibis, Padang, Jum’at (8/12).

Hadir pada kesempatan itu  Bupati Solok H Gusmal, SE,  MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari Medison dan  Tenaga Ahli P3MD Dasrul Effendi.

Dalam arahannya Bupati Solok, Gusmal mengatakan, kedepan diharapkan adanya dokumentasi perkembangan dari pembangunan nagari dalam setahun anggaran, yang didalamnya ada profil dari masing masing tenaga ahli/tenaga pendamping desa, sejauh mana perannya dalam mendampingi desa/nagari selama satu tahun anggaran berjalan dan perkembangan dari nagari nagari d kabupaten solok

Dengan adanya tenaga pendamping dan tenaga ahli ini, tentunya diharapkan bisa mengoptimalkan kinerja para wali nagari dalam membangun desa/nagarinya melalui dana desa.

“Pemerintah saat ini, memberikan perhatian pada desa, Yakni bantuan berupa dana desa yang cukup besar, yang diswakelola oleh Kepala Desa. Untuk itu, pendampingannya dimulai dari tahap perencanaan. Dana desa pengerjaannya swakelola, dan pengerjaannya diharapkan tidak pada musim panen, karena sasaran swakelola adalah masyarakat pengangguran serta bahan yg digunakan memanfaatkan potensi lokal,” kata Gusmal.

Sebelumnya ketua pelaksana kegiatan tersebut menjelaskan, tujuan dari Penyelenggaraan Rakor Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) yang diikuti oleh 33 rang Tenaga Ahli dan Pendamping Desa se-Kabupaten Solok dan  5 orang Satker Kabupaten  Slok adalah, untuk meningkatkan koordinasi dan pengendalian kinerja pendamping dalam rangka mengawal dan penerapan UU Desa, mengevaluasi pelaksanaan P3MD di setiap nagari yang mendapat bantuan dana desa;dan mengoptimalkan pendampingan dalam penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan (RKP ) Nagari untuk Tahun 2018. ** Febrian D’Gumanti/ Oktaberia/Hms

649 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*