Pemkab Solok Gelar Peringatan Hari Aids se-Dunia Tahun 2020

Pelantikan pengurus KPAD tingkat Kab. Solok.
Pelantikan pengurus KPAD tingkat Kab. Solok.

Arosuka, Editor.- Pemerintah Kabupaten Solok melaksanakan Peringatan Hari Aids se-Dunia bertempat di Ruang Solok Nan Indah Kantor Bupati Solok, Selasa (1/12).

Hadiri pada kegiatan tersebut Sekdakab Solok Aswirman, SE, MM, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Kepala Dinas Kesehatan Kab Solok dr. Maryeti Marwazi, Mars, Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kab Solok dan Kabid P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Aida Herlina.

Pada kesempatan tersebut Sekdakab Solok Aswirman, SE, MM membacakan teks tertulis Menteri Kesehatan RI yang menyampaikan, Tahun 2020 adalah tahun yang penuh tantangan karena menetapkan perhatian pemerintah pada upaya penanganan covid 19. Tema global hari air sedunia tahun 2020 yaitu perkuat kolaborasi tingkatkan solidaritas 10 tahun menuju akhir AIDS 2030.

Tahun ini kita juga memperingati hari Aids se dunia yang diselenggarakan dalam situasi pandemi covid 19 dan yang tak kalah pentingnya yakni pengendalian HIV AIDS.

Tentang pencegahan dan pengendalian HIV AIDS dan PIMS kepada seluruh lapisan masyarakat dalam mencegah penularan HIV yang dimulai dari diri sendiri keluarga serta masyarakat sekitar. Kampanye tersebut adalah mewujudkan three zeroes pasa tahun 2030, yaitu tidak ada lagi infeksi baru HIV, tidak ada lagi kematian akibat AIDS dan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV AIDS

Dengan meningkatkan koordinasi sinkronisasi dan pengendalian pelaksanaan kebijakan dalam pencegahan dan penanganan HIV AIDS kita jadi mampu mengakomodasi tantangan-tantangan baru dalam upaya mencapai Indonesia bebas HIV AIDS tahun 2030, sehingga tercapai peningkatan kualitas kapasitas dan karakter manusia Indonesia yang tinggi maju dan sejahtera.

Sebelumnya Ketua Pelaksana kegiatan ini, Aida Herlina melaorkan, kegiatan ini live dengan Kementrian Kesehatan secara nasional 33 Provinsi dan Sumatera Barat diwakili oleh Kab Solok.

Tujuannya adalah meningkatkan kerjasama antar lintas sektor untuk mengurangi Aids di kabupaten Solok sehingga Kab Solok bisa menuju trizero 2030 dan diantara jenis kegiatan adalah pelantikan pengurus KPAD tingkat Kab. Solok dan diteruskan ke kecamatan. Kemudian Screening pemeriksaan HIV se kabupaten Solok. Peserta dari forkopimda kepala SKPD camat pengurus KPAD konselor se Kab. Solok dan konselor sebaya. ** Tiara/Hms  

 

 

 

104 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*