Pemkab Solok Gelar Diskusi Aktual Pariwisata

Arosuka, Editor.- Sektor pariwisata adalah sektor yang menjanjikan untuk jangka waktu yang panjang. Saya berharap nantinya Kabupaten Solok dapat mengembangkan pariwisata sehingga dapat di nikmati oleh wisatawan lokal maupun asing.

Hal itu diungkapkan Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM pada Diskusi Aktual Pariwisata yang dilaksanakan Ruangan Pelangi, Arosuka, Selasa (18/4). Tampak hadir pada kegiatan tersebut Asisten Ekbangkesra Drs. H. Suharmen, MM, Kepala Barenlitbang  H. Dusral, SE, MM, Akademisi, pemerhati pariwisata dan duta wisata Kab Solok  Prof. Helmi, Andri dari ASITA Sumbar dan Kepala OPD se Kab Solok.

Menurut bupati, data dari Dinas Pariwisata ada 92 item obyek dan daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Solok. Namun untuk saat ini hanya 3 objek pariwisata yang akan lebih di tingkatkan, diantaranya Kawasan Wisata Danau Kembar, Bukit Cambai, dimana dari bukit ini kita bisa melihat 3 danau yang ada di Kab Solok dan sekitarnya.

Daerah wisata yang ingin dikembangkan selanjutnya adalah Taman Hutan Kota Kabupaten Solok. Dari itu diharapkan kepada dinas terkait untuk mengkonsep dan mendesain dari gambaran taman Hutan Kota Kabupaten Solok, termasuk keinginan anggota pramuka juga memohon untuk adanya bumi perkemahan di dalam taman hutan kota tersebut.

“Apabila konsep pariwisata kita benar dan berjalan dengan baik maka akan meningkatkan pemasukan serta memperkenalkan Kabupaten Solok ke daerah lain. Untuk pembangunan kawasan wisata ini saya berharap untuk adanya bantuan dari Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat,” kata Gusmal.

Sebelumnya panitia pelaksana menjelaskan, tujuan dilaksanakan diskusi aktual pariwisata ini adalah untuk menghimpun segala masukan dan saran implementasi dari berbagai pihak terkait dalam upaya memajukan Kab Solok. Khususnya untuk mendukung terlaksananya pilar pembangunan kab solok, terutama pilar ekonomi kerakyatan di sektor pariwisata daera.

Peserta terdiri dari SKPD kab solok beserta jajaran yang terkait dengan kepariwisataan daerah, organisasi-organisasi terkait dengan pelaku wisata, Camat, Walinagari, Tokoh Pemuda di kawasan prioritas pengembangan Pariwisata Kab Solok (Camat X Koto singkarak, Junjung Sirih, Gunung Talang, Danau Kembar, Lembah Gumanti) dengan narasumber Prof Helmi (akademisi dari Universitas Andalas) dengan materi strategi pembangunan dan manajemen pariwisata Di Kab Solok dan Ketua ASITA Sumatera Barat dengan materi Potensi Peluang Kunjungan Wisata Di Sumbar. ** Febrian D’Gumanti/Olga/Hms

530 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*