Pemkab Pasaman Gelar Lomba Keluarga Sadar Hukum

Lubuk Sikaping, Editor,- Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menggelar kegiatan Lomba Keluarga Sadar Hukum Tingkat Kabupaten Pasaman 2016 untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan pemahaman tentang hukum.

Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Pasaman Efka Emi di Lubuk Sikaping, Selasa, mengatakan kegiatan perlombaan ini dikemas dalam bentuk Lomba Cerdas Cermat.

“Pesertanya ada 12 kelompok Keluarga Sadar Hukum yang merupakan utusan dari setiap kecamatan yang ada di daerah ini. Masing-masing kelompok terdiri dari lima orang peserta,” ujarnya.
Kegiatan ini, jelasnya bertujuan untuk mewujudkan dan menumbuhkembangkan kesadarn hukum yang tinggi di tengah masyarakat. “Kegiatan ini dijadikan sebagai wadah penyebarluasan informasi dan pemahaman terhadap hukum dan peraturan yang berlaku,” sebutnya.

Ia mengatakan untuk anggota dewan juri yakni Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kantor Wilayah Kemeterian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Barat Rahmat Huda, Kepala Bidang Penyuluhan Hukum dan Bantuan Hukum Kantor Wilayah Kemeterian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Barat Nursyahid.

Selanjutnya, Penyuluh Hukum Pertama Kantor Wilayah Kemeterian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Barat Diana Siska, Kabag Hukum Setda Kabupaten Pasaman Efka Emi dan Kasubag Bantuan Hukum Bagian Hukum Setda Kabupaten Pasaman Nurinawati.

“Pertanyaan yang diberikan juri merupakan pertanyaan seputar Narkoba, Perlindungan Anak dan Kekerasan Dalam Tumah Tangga (KDRT), UU Lalu Lintas dan Perdagangan Manusia,” jelasnya.
Pemerintah Kabupaten Pasaman menyediakan sejumlah hadiah berupa piala untuk masing-masing pemenang dan uang pembinaan Rp2,5 juta untuk peringkat pertama, uang pembinaan Rp2 juta untuk peringkat kedua, uang pembinaan Rp 1,5 juta untuk juara ketiga, dan juara harapan satu hadiah uang pembinaan Rp1 juta.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman M. Saleh mengatakan pemerintah daerah memiliki perhatian yang besar terhadap penegakan supremasi hukum di daerah itu. “Dari awal tahun kita telah melaksanakan berbagai kegiatan sebagai upaya menumbuhkan kesadaran hukum di masyarakat seperti penyuluhan hukum di tingkat nagari dan Pos Pelayanan Hukum Terpadu di setiap kecamatan,” ujarnya.

Pos Pelayanan Hukum Terpadu ini, katanya akan memberikan pelayanan hukum dengan memfasilitasi masyarakat yang mengalami permasalahan hukum berupa saran penyelesaian. “Lomba Keluarga Sadar Hukum ini merupakan rangkaian terakhir dalam meningkatkan kesadaran hukum masyarakat tahun ini. Dengan lomba ini kita dapat mengevaluasi tingkat keberhasilan penyuluhan hukum dalam memberikan pemahaman hukum kepada masyarakat,” ujarnya. **Ant

895 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*