Pemkab Padang Pariaman Cairkan Penggantian Dana Ternak Babi

Batang Anai, Editor.- Sedikit terlambat dari jadwal yang dijanjikan, akhirnya peternak babi di Korong Tanjung Basung 2 Kecamatan Batang Anai mendapatkan dana penggantian ternak babinya yang sebelumnya menjadi polemik dengan warga Tanjung Basung 1.

Pemerintah Kab. Padang Pariaman melalui Dinas Pertanian Peternakan dan Kehutanan didampingi Polsek dan Koramil Batang Anai menyerahkan dana penggantian ternak babi di Korong Tanjung Basung 2 Nagari Sungai Buluh Kec. Batang Anai.

Penggantian ini merupakan tindak lanjut diterbitkannya SK Bupati Nomor 197/Kep/BPP/2016 tentang Penetapan Nama-Nama Penerima dan Harga Babi di Korong Tanjung Basung 1 dan 2 Nagari Sungai Buluh Kec. Batang Anai.

Pada kesempatan itu, Kapolsek Batang Anai IPTU Novrizal Chan menyampaikan pesan dari Kadis Distannakhut Yurisman, SP, MM mengenai permohonan maaf Pemkab Padang Pariaman kepada pemilik ternak babi atas keterlambatan pembayaran dana penggantian dari ternak, karena dalam penggunaan dana pemerintah ada beberapa proses administrasi keuangan yang harus dilalui.

Penyerahan dana dilakukan oleh Kapolsek Batang Anai IPTU Nofrizal Chan mewakili Pemkab Padang Pariaman disaksikanan Distannakhut, Camat Batang Anai dan Wali Nagari Sungai Buluah beserta perangkat nagari lainnya.

Penggantian dari penjualan ternak babi ini dibayarkan berdasarkan harga/kg BB babi. Yaitu Rp20.000 dengan rincian Rp5.000 dibayarkan dari anggaran APBD dan Rp15.000 dibayarkan oleh pedagang pembeli.

Untuk anak babi yang masih menyusui dibayarkan Rp200.000/ekor, dan yang sudah cerai susu dibayarkan Rp500.000/ekor dari APBD. Total dana penggantian ternak babi ini mencapai Rp283 juta untuk 89 KK, dengan rincian ternak 89 ekor induk, 208 ekor anak lepas sapih, dan 108 ekor anak. ** Hms/Sgr

 

973 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*