Pemkab Agam Peringati HUT ke 26 Perpindahan Pusat Kabupaten

Makan bajamba dalam peringatan HUT ke26 pindahnya pusat Kabuapten Agam.
Makan bajamba dalam peringatan HUT ke26 pindahnya pusat Kabuapten Agam.

Lubuk Basung, Editor.- Peringatan HUT ke-26 perpindahan Ibukota Kabupaten Agam dari Kota Bukittinggi ke Lubuk Basung sjak juli 1993 berlangsung meriah.

Arak-arakan ratusan jamba yang dibawa bundo kanduang Lubuk Basung diiringi dengan tambua tansa dari kantor Bappeda Agam melintasi kantor bupati, menuju rumah Dinas Bupati Agam.

Sebelumnya Pemkab Agam juga menggelar upacara di halaman kantor bupati yang dipimpin langsung bupati Agam Dr.Indra Catri

“Jamba diarak mulai dari Kantor Bappeda Agam menuju rumah dinas bupati. Kemudian dilanjutkan makan bajamba secara adat Minangkabau yang diawali dengan penampilan pidato adat.

Makan bajamba tersebut diikuti Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri, Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, Forkopimda Agam, ninik mamak dan bundo kanduang se-Kecamatan Lubuk Basung serta masyarakat Lubuk Basung.

Disebutkan, kegiatan itu dilakukan setiap tahun yang pelaksanaannya digelar secara adat Minangkabau. Tidak hanya diacara memperingati kepindahan ibu kota, makan bajamba juga digelar disetiap kegiatan baik pemerintahan maupun nagari. ** Yos

691 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*