Pemkab Agam Menerima Bantuan Rp 1,35 Milyar Untuk Save Maninjau

Bupati Indra Catri menerima bantuan dari Kementerian KLH.
Bupati Indra Catri menerima bantuan dari Kementerian KLH.

Maninjau, Editor.- Pemerintah Kabupaten Agam menerima bantuan senilai Rp1,53 miliar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, untuk mendukung program Save Maninjau.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Dirjen Pengendalian Kerusakan Perairan Darat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Ir. Hermono Sigit kepada Bupati Agam H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, Rabu (20/12) di Muko-Muko, Maninjau.

Hermono Sigit mengatakan, bantuan yang diberikan kepada Pemkab Agam berupa pembuatan kebun bibit rakyat sebanyak 3 unit, pengadaan bibit tanaman produktif 18 ribu batang, pengadaan perahu dan mesin boat sebanyak 4 unit, pengadaan mesin pencacah eceng gondok dan pelatihan masyarakat untuk pengolahan eceng gondok.

“Ini sebagai bentuk upaya kita di Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menyelamatkan Danau Maninjau. Secara bertahap akan kita upayakan juga bersama kementerian terkait untuk bantuan lainnya. Namun kami meminta dukungan dari masyarakat salingka danau, berupa aksi nyata,” katanya.

Bupati Agam Indra Catri, Dt. Malako Nan Putiah, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat atas perhatian dan bantuan terhadap Program Save Maninjau, dan mengharapkan masyarakat untuk memanfaatkan bantuan itu sebaik-baiknya.

“Danau Maninjau sudah menjadi permasalahan isu nasional bahkan internasional. Semua memperhatikan kita, kenapa kita tidak begitu peduli. Sudah berkali-kali saya tegaskan, melalui wali nagari, untuk moratorium keramba jaring apung, namun masih ada yang menambah keramba. Akibatnya belum lama ini ikan mati lagi secara massal. Padahal kita sudah buat komitmen dan bersepakat untuk tidak melanggarnya,” ujar bupati.

Maka dari itu, bupati meminta gerakan dari seluruh komponen masyarakat untuk melakukan aksi nyata dan tidak lagi melanggar komitmen yang telah disepakati. Usai acara, bupati bersama Dirjen Pengendalian Kerusakan Perairan Darat Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Hermono Sigit, didampingi  wali nagari salingka danau, mengelilingi danau guna melihat secara langsung kondisi Danau Maninjau terkini. **  Yanto 

 

580 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*