Pemkab Agam Gelar Lomba Tambua Tansa

Lubuk Basung, Editor.-  Untuk melestarikan dan menjaga seni anak nagari, Pemerintah Kab Agam adakan lomba Tambua Tansa di GOR Rang Agam pada acara Agam Education  And Culture Expo, Selasa (28/11).         .

Lomba Tambua Tansa yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria Datuak tumangguang Putiah itu diikuti sekitar 58 orang peserta dan 7 grup  setingkat SMP se Kabupaten Agam.

Menurut Trinda Farhan, Tambua Tansa merupakan  salah satu kesenian Rang Agam. Dengan adanya acara lomba ini, kedepannya bisa menjadi penyemangat bagi generasi muda untuk  mempelajari seni budaya Minang dan bisa menumbuh kembangkan Tambua Tansa yang ada di nagari nagari di Agam.

“Dalam berlomba, tunjukan sportifitas,kerja sama untuk menjadi yang terbaik dalam meraih prestasi, dengan prestasi kita bangun Agam yang  berbudaya,” kata Trinda Farhan Satria DT Tumangguang Putiah pada sambutannya.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati dan Kepala Dinas Pendidikan mencoba terlebih dahulu menghoyak Tambua Tansa sebelum lomba dimulai.

Menurut salah seorang panitia, sebenarnya Tambua Tansa sudah ada di setiap  SMP di Agam. Cuma disayangkan, berberapa diantaranya sudah mengalami kerusakan,s ehingga pada lomba kali ini hanya tujuh sekolah yang mengikutnya. ** Yanto

688 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*