Pekerjakan 40 Orang Pekerja, Ijup Ekspor Durian Situjuah ke Cina

Bupati Limopuluah Kota kunjungi usaha Hariusman yang meng ekport durian ke Cina.
Bupati Limopuluah Kota kunjungi usaha Hariusman yang meng ekport durian ke Cina.

Limapuluh Kota, Editor.- Naluri bisnis durian yang di miliki Hariusman yang akrab di panggil Ijup, semakin dikembangkannya. Akhir akhir ini Ijup mulai melirik pemasaran durian ke Negara Cina karena durian yang digemari segala unsur ini mempunyai peluang yang besar untuk diekspor.

Dalam merintis pemasaran durian Situjuah ini ke negara tirai bambu itu, warga Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari tersebut, dalam sehari dirinya harus mencari ribuan buah durian sebagai kebetuhan ekspor.

“Dalam sehari itu kita harus mencari 2500 buah durian untuk di ekspor. Kebanyakan durian yang kita kirim ini, merupakan durian asal Situjuah ditambah dengan durian-durian lainnya di Limapuluh Kota,”ujarnya ketika dikunjungi Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, baru-baru ini.

Menurut Hariusman (Ijup), durian yang diekspor ke negara Cina ini bukanlah bentuk durian yang utuh, namun diolah dan dikemas dulu dalam bentuk beku. “Disini kita olah dahulu, kita kupas isinya dan dikemas dalam bentuk kemesan, setelah semuanya jadi, kita kirim ke salah satu perusahaan penampung di Medan, dan dari sanalah durian ini di ekspor ke Cina,”sebutnya.

Menurutnya, untuk kebutuhan pengiriman itu, dirinya harus mengirim seminggu sekali ke Sumatera Utara, dalam satu kali pengiriman ini pihaknya harus bisa menyuplai 2 ton durian kupas. “Demi mencukupi kebutuhan tersebut kita harus mengerjakan 40 orang pekerja dalam sehari. Untuk Pekerja kita berdayakan warga sekitar,” sebutnya.

Selain memanfaatkan isi durian, Hariusman juga bisa memanfaatkan kulit durian hasil kupasannya sebagai pengahasilan tambahan. Menurutnya, kulit durian hasil kupasan itu juga bisa dijual kepada pengepul. “Umumnya kulit-kuliat durian ini dijadikan sebagai bahan pupuk organik, dalam satu karung kulit durian dihargai 30 ribu rupiah, untuk kulit juga kita kirim ke Medan,”tambahnya.

Katanya, jarang orang berfikiran bahwa kulit buah yang satu ini bisa ada manfaatnya, padahal pupuk organik dari kulit durian ini cukup baik sebab memiliki serat yang banyak sehingga bagus dalam meresap air, “masih banyak lagi manfaat dan kegunaan kulit durian ini, jadi untuk satu buah durian itu bisa dimanfaatkan,”pungkasnya.

Sementara itu, bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi ketika meninjau usaha Hariusman, mengapresiasi kerja keras yang dilakukannya, Selain berhasil mengenalkan produk unggulan Kabupaten Limapuluh Kota keluarga negeri, dirinya juga menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat di sekitarnya. “Dengan adanya usaha seperti ini tentunya akan menambah penghasilan bagi warga sekitar, apalagi durian yang kita ekspor tersebut merupakan hasil pribumi Limapuluh Kota,”uja Irfendi.

Dirinya berharap kedepan, pelaku UMKM terus meningkatkan kualitas produk sehingga memiliki daya saing di pasaran dan bisa menjadi wirausaha yang tangguh dan mandiri. “Kita yakin Limapuluh Kota memiliki hasil produk-produk yang layak dipasarkan, bahkan bisa menembus pasar internasional seperti ini, sebagai pemerintah kita akan terus mengoptimalkan peran pelaku UMKM di Kabupaten Limapuluh Kota,” pungkas bupati. ** Yus

 

 

 

586 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*