Payakumbuh Jadi Pilot Projek Lahirkan SDM Pariwisata Sumbar

Payakumbuh, Editor.- Minimnya sumber daya manusia dibidang kepariwisataan dijawab Pemko Payakumbuh dengan menjalin kerjasama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP)   Sahid Jakarta. Kedua pihak sepakat untuk memajukan pendidikan  kepariwisataan. Kota Payakumbuh  akan menjadi pilot projec dalam melahirkan SDM pariwisata Sumatera Barat ke depannya.

Penandatangan kesepakan bersama antara Pemko Payakumbuh dengan STP Sahid Jakarta itu, ditandatangani Walikota H. Riza Falepi, setelah diparaf Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar  dan Ketua STP Sahid Jakarta, Ir. Kusmayadi, MM,  dalam acara di aula SMKN 3 Payakumbuh, Senin (30/5).

Lebih kurang seratusan orang tua pelajar SMKN 3, para kepala sekolah, ikut dihadirkan menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman dimaksud. Juga hadir Kepala Bappeda H. Rida Ananda, Kadisdik H. Hasan Basri Sy, Kadisparpora Syahnadel Khairi, dua Staf Ahli Walikota Hj. Ruslayetti, Edvidel, serta sejumlah pejabat eseloan II dan III lainnya.

Sementara itu, dalam acara yang cukup bersejarah tersebut,  dari pihak Sahid juga hadir sejumlah petinggi  Yayasan Sahid Jaya 1977, seperti Direktur Eksekutif Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE dan Deputy  Direktur Eksekutif Bidang Pengembangan Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya, Dr. Yohanes Sulisyadi, SP, M.Pd..

Ke depan, untuk melahirkan tenaga yang profesional di bidang pendidikan kepariwisataan, pihak STP Sahid akan memberikan beasiswa kepada pelajar berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan di STP Sahid. Selain itu, Yayasan Sahid Jaya 1977, juga membuka peluang bagi pelajar di Payakumbuh, terutama siswa SMKN 3 untuk magang di seluruh perusahaan yang berada di bawah yayasannya.

Seperti disampaikan Ketua STP Sahid Jakarta, Kusmayadi, bagi pelajar yang magang di STP Sahid termasuk di Hotel Sahid Jaya Jakarta, akan diberikan sertifikat yang diakui seluruh hotel berbintang di negara-negara Asean. Terhadap, pelajar yang punya sertifikat dari Yayasan Sahid Jaya, bakal mudah mendapatkan kesempatan kerja di negara Asean dimaksud.

Kemudian, bagi tamatan program D4 di STP Sahid, sebutnya, terutama yang punya kemampuan berbahasa Inggris yang baik, berpeluang besar bekerja di Jepang, Korea, Mekah dan Jeddah Saudi Arabia. Malahan, saat ini Hotel Pulman Jedah, butuh 40 orang tenaga terampil, untuk bekerja di hotel tersebut. Sebuah peluang yang sangat menjanjikan bagi anak nagari di Payakumbuh, kata Kusmayadi.

Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar dan Direktur Eksekutif Yayasan Sahid Jaya, Prof. Kohar Sulistyadi, saat memberi sambutan usai menandatangani Mou, mengatakan, Payakumbuh akan menjadi pilot projec dalam melahirkan SDM pariwisata di Sumatera Barat. “Kami pihak Sahid Jaya punya tanggung jawab moral melahirkan SDM yang profesional dibidang pariwisata ini. Apalagi, pihak yayasan sudah berjanji dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, jauh hari sebelumnya, sebut profesor Kohar.

Menurut Wakil Walikota Suwandel Muchtar, kesempatan berharga ini harus disambut baik oleh setiap orang tua dan warga kota, dalam mendorong putera-puterinya untuk melanjutkan pendidikan di STP Jakarta. Mereka yang bekerja di perhotelan, dikatakan, sosok yang benar-benar amanah dan punya kejujuran yang tinggi. Mereka adalah insan yang dekat dengan Allah SWT.

Di antara pasal yang diatur dalam nota kesepahaman,   dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan SDM di Payakumbuh, pihak STP Sahid melaksanakan program beasiswa pendidikan dan pelatihan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan SDM.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang dihubungi, membenarkan,  pemko fokus untuk meningkatkan pendidikan dibidang kepariwisataan itu. Makanya, tahun depan, penggaran untuk pendidikan dimaksud akan lebih ditingkatkan, termasuk dalam menyiapkan calon tenaga kerja yang siap pakai, dengan menjalani pelatihan di STP Sahid Jakarta. “Saya sudah ingtatkan Bappeda atau tim anggaran pemda, agar mengatur pembiayaannya pada APBD 2017,” tegas Riza Falepi. ** Yus

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*