Pasar Muaropaiti Butuh Drainase dan Lampu Penerangan

Pasar Muaropaiti.
Pasar Muaropaiti.

Muaropaiti, Editor.-  Pasar Muaropaiti Kecamatan Kapur IX Kabupaten Limopuluah Kota butuh sentuhan pembangunan lewat dana APBD untuk pembuatan drainase dan pengadaan lampu penerangan dalam areal pasar.

Marsis S.Pd, M.Pd Wali Nagari Muaropaiti.
Marsis S.Pd, M.Pd Wali Nagari Muaropaiti.

Pasar yang terletak di Muaropaiti dan merupakan Ibu kecamatan Kapur IX itu, hari pasarnya Rabu dan Kamis setiap minggunya. Pedagang yang berjualan di pasar tradisional milik nagari ini, selain warga setempat dan dari nagari sekitarnya, juga ada berdatangan dari berbagai daerah. Seperti dari Payakumbuh, Bukittinggi, Batusangkar dan Pariaman.

Para pedagang telah berdatangan dan mulai aktivitas transaksi sejak Rabu sore sampai malamnya pukul 22.00 dan disambung besoknya Kamis sampai sore. Pedagang yang mulai berjualan dari rabu sore,pada umumnya mereka tidur di lokasi bersama barang dagangannya dan ada juga menginap di wisma yang ada di dekat pasar.

Keluhan pedagang selain MCK yang belum memadai dan layak,juga genangan air dikala hari hujan. Genangan air hujan itu disebabkan tidak adanya drainase di sekeliling pasar yang luasnya hampir 1 hektar. Yang sangat tersiksa akibat genangan air di kala hujan itu adalah pedagamg kaki lima. Untuk itu pengelola pasar mengharapkan bantuan pemerintah untuk melengkapi pasar ini dengan drainse untuk menghindari genangan air dalam areal pasar.

Walinagari Muarapaiti Marsis S.Pd, M.Pd dalam bincang bincang dengan media ini, Kamis (24/5), mengakui kondisi pasar Muaropaiti ini membutuhkan drainase di sekeliling pasar. Bila pasar ini telah dilengkapi dengan drainase, bila hari hujan, airnya langsung mengalir ke dalam drainase,sehingga tidak mengganggu kenyaman pedagang dalam berjualan, ujarnya.

Selain itu masalah penerangan dalam areal pasar perlu juga dilengkapi,karena saat ini penerangan sangat minim dan boleh di katakan tidak ada sama sekali, pada hal aktivitas transaksi dimulai dari sore Rabu sampai malamnya sampai pukul 22.00 wib. Yang ada hanya penerangan dari genset pedagang dan penerangan lampu lampu yang dipasang para pedagang untuk menerangi barang dagangan masing masing. Pasar tersebut  sangat membutuhkan penerangan lampu jalan yang  dipasang di sekeling pasar,terutama jalan yang melintasi pasar.

Sementara Dt.Muncak salah seorang pengelola pasar mengatakan, untuk lampu jalan dalam pasar telah disiapkan bolanya. Tetapi pihak PLN mengatakan tiangnya yang ada dalam pasar telah kropos dan mereka mengaku tidak sanggup untuk naik ke tiang tersebut untuk memasangkan bola yang telah lami siapkan, ujarnya.  ** Yus

624 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*