Pantau Masyarakat Miskin, Irdinansyah Tarmizi Nginap di Padang Magek

Batusangkar, Editor.- Untuk merealisasikan program yamg telah disampaikan kepada masyarakat saat kampanye dulu dan melihat secara langsung kondisi masyarakat di tingkat terendah, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menginap di Nagari Padang Magek Kecamatan Rambatan, Rabu (8/2) dan paginya  dilanjutkan berkeliling ke seluruh jorong dan diakhiri berkantor di kantor wali nagari. Hal ini merupakan yang perdana dilakukan bupati sesuai dengan programnya.

Kunjungan pertama ke nagari Padang Magek  diawali dengan shalat Maghrib berjamaah. Dalam sambutannya seusai shalat Maghrib Irdinansyah Tarmizi menyatakan,  tidak ada jalan lain untuk mencapai yang Madani Sejahtera dan Berbudaya selain meramaikan mesjid.

“Nilai-nilai keagamaan dan adat budaya perlu digiatka. Seperti Maghrib mengaji, Pondok Alqur’an, program tahfiz, pelatihan adat,  sasaran silat menjadi modal penting untuk membentuk generasi muda Tanah Datar kedepan yang kuat dan berkualitas,” ujar bupati  dihadapan ratusan jemaah Mesjid Tawaqkal Padang Magek.

Usai shalat Isya berjamaah, didampingi Camat Rambatan Abdurrahman Hadi dan Walinagari Padang Magek Syafwardi A beserta tokoh masyarakat, bupati berkesempatan melihat rumah adat, pelatihan alua pasambahan di Jorong Ganting serta sasaran silek.

Menurut  J. Dt. Gindo Marajo salah seorang guru pasambahan, kegiatan pelatihan alua pasambahan  ini sudah dimulai semenjak tahun 1993 dan saat inisedang dibina sebanyak 45 orang anak mulai dari tingkatan SD sampai perguruan tinggi.

Begitupun untuk sasaran silek yang dibina langsung Anwar Gindo Simarajo (90 th) seorang veteran dengan 15 orang murid menjadikan Padang Magek mempunyai wadah positif untuk membentuk karakter anak nagari.

Di kesempatan itu Bupati memuji upaya tokoh-tokoh masyarakat, ninik mamak dan guru-guru yang begitu peduli terhadap kelestarian adat dan budaya Minangkabau.

“Saya merasa terharu sekaligus bangga melihat kemampuan pidato adat anak-anak yang masih belia, tidak banyak nagari yang memiliki rumah adat tempat pelatihan pasambahan di tempat lain termasuk juga di Tanah Datar, untuk itu perlu dipertahankan serta saya minta walinagari terus memperhatikan kegiatanini,dan kewajiban Wali Nagari menganggarkan 30% anggaran APB nagari untuk pemberdayaan masyarakat” harap Irdinansyah

Usai shalat subuh berjamaah bupati minta didampingi seluruh wali jorong untuk melihat kondisi masyarakat.”Tunjukkan kepada saya permasalahan sosial ataupun program fisik yang terkendala, keluarga miskin yang menempati rumah tidak layak huni ,“ajak bupati.

Dari hasil penelurusan bupati keseluruh jorong, Jorong Guguak Kaciak, Guguak Gadang , Guguak Baruah, Pauh, Ganting, Bulakan dan Patai, persoalan utamanya tidak terlepas dari masalah kemiskinan seperti rumah tidak layak huni, tidak mendapa traskin, tidak memilki kartu sehat atau pun tidak mempunyai modal usaha.

Kita ingin memastikan masyarakat miskin yang ada apakah sudah memiliki jaminan kesehatan, pendidikan atau pun mendapat bantuan karena pemerintah memiliki banyak program untuk keluarga miskin.

“Saya tidak ingin keluarga miskin di Tanah Datar yang seharusnya berhak menerima bantuan, luput karena tidak masuk pendataan. Diminta Dinas Sosial segera berkoordinasi dengan BAZNAS dan BPJS menyikapi temuan di lapangan ini. Untuk itu saya minta kembali walinagari beserta wali jorong untuk segera mengecek kelapangan masyarakat miskin yang belum memilki BPJS agar segera diurus,” ujar bupati.

Bupati Irdinansyah yang didampingi Ketua TP PKK Ny. Emi Irdinansyah saat pertemuan dengan masyarakat mengatakan program berkantor sehari di kantor walinagari merupakan langkah percepatan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Bupati didampingi OPD terkait akan menampung aspirasi masyarakat sekalgus mencarikan pemecahan masalah. Selain itu diberikan pelayanan dokumen kependudukan secara langsung oleh Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil.

”Masyarakat diberi kemudahan dalam pelayanan, untuk itu segera urus KTP dan Akte Kelahiran bagi yang belum memiliki,” kata bupati.

Bupati menyampaikan kegiatan ini sangat penting bagi pemerintah daerah. “Pada kegiatan perdana ini saya merasakan banyak manfaatnya, banyak informasi yang diperoleh, banyak hal yang harus diperbaiki segera dan ini akan menjadi bahan bagi saya bersama OPD untuk segera ditindak lanjuti untuk percepatan pembangunan dan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ujar Irdinansyah Tarmizi. ** Jum   

1131 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*