Pameran Nagari Surian IV Diwarnai Lomba Lagu Minang dan Lomba Hafiz Cilik

Surian, Editor.- Pemerintahan Nagari yang kuat adalah pemerintahan nagari yang telah mewujudkan Empat Pilar Pembangunan Kab. Solok, yang dilaksanakan dengan bertahap dan terevaluasi secara berjenjang. Mulai dari pemerintahan nagari, pemerintahan kecamatan di teruskan ke pemerintahan kabupaten.

Hal itu diungkapkan Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM dalam sambutannya pada pembukaan Pameran Nagari Surian ke IV yang digelar di Terminal Pasa Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Jum’at (17/11).

Lebih lanjut dikatakan bupati, diharapkan agar kegiatan pameran Nagari Surian ini dapat merangkum semua aktifitas masyarakat dan dapat meningkatkan pariwisata di kabupaten Solok.

“Saya meminta agar dalam pameran ini diadakan dialog interaktif tentang ancaman LGBT,” harap Gusmal.

Menurut bupati, Pameran Nagari Surian ini untuk tahun depan akan dikombinasikan dengan kegiatan Jambore PKK Kabupaten Solok, karena  kepariwisataan Nagari Surian memiliki kekayaan seni tradisi kebudayaan yang masih terdisional. Hal tersebut merupakan potensi besar yang bisa dikembangkan untuk menjadi salah satu destinasi bagi wisatawan asing yang ingin melihat keaslian dan tradisional budaya yang ada di Nagari Surian.

Pada kesempatan itu Gusmal juga mengingatkan tentang penggunaan keuangan nagari. Wali nagari diminta untuk berhati-hati di dalam mempergunakan anggaran nagari, karena selain inspektorat, pihak kepolisian juga telah ikut mengawasi pemerintah nagari dalam menggunakan anggaran dan program pembangunan yang telah direncanakan agar betul betul berjalan.

“Pemerintah nagari Kabupaten Solok diharapkan dapat menjadi pemerintahan nagari percontohan oleh kabupaten dan kota lain di Sumatera Barat,” kata Gusmal.

Sebelumnya ketua pelaksana pameran, Muhammad Ali menjelaskan, Pameran Nagari Surian ke IV ini merupakan Evaluasi pelaksanaan pembangunan nagari selama tahun 2017 dan apresiasi terhadap keberhasilan keberhasilan yang telah dicapai.

Pameran ini diikuti oleh seluruh jorong se-kenagarian Surian dan nagari dari kecamatan tetangga, yang pada kesempatan ini diikuti oleh Nagari Alahan Panjang dan menampilkan hasil kerajinan rumahtangga dan hasil kreasi kelompok usaha kecil dan menengah yang ada di nagari.

Kegiatan yang diadakan terdiri dari Lomba Lagu Minang, Lomba Hafiz Cilik, lomba khotbah jumat, MTQ Tingkat Umum, lomba pidato adat dan lomba uda uni.

Ikut hadir pada kegiatan ini Anggota DPRD Kabupaten Solok Dapil IV Hari Pawestrie, Aswirman, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Hj. Desnadefi Gusmal, SH, Kepala SKPD, Camat Pantai Cermin Syaiful Anwar dan Wali Nagari Surian Edri Madrin. ** Febrian D’Gumanti/Ismardi/Hms

 

716 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*