Padang Panjang Optimis  Terapkan New Normal

Walikota Padang Panjang, Fadly Amran.
Walikota Padang Panjang, Fadly Amran.

Padang Panjang, Editor,–   Dua orang pasien Covid-19 terakhir dari Kota Padang Panjang dinyatakan sudah sembuh. Termasuk 1 orang pasien Covid-19 dari Tanah Datar yang dirawat di RSUD kota itu. Kini, Padang Panjang lebih optimis memulai pola hidup New Normal pada 8 Juni 2020 datang.

Kesembuhan dua pasien Covid-19 Padang Panjang, yakni RF dan ME yang tadi menjalani isolasi di  UPTD BPPP Sumbar  di Padang itu diketahui dari hasil test swab kedua di labor FK-Unand Padang, Kamis (4/6/20). Begitu juga satu pasien dari Tanahdatar, yakni “RK”, yang dirawat di RSUD Padang Panjang, tempat dia bekerja.

Fakta perkembangan yang sangat melegakan itu diungkap oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang Panjang, Nuryanuar, seperti kemudian dikutip oleh Kepala Dinas Kominfo setempat, Amperan Salim lewat siaran persnya kepada wartawan, Kamis (4/6).

Sebelumnya, seperti diketahui, Padang Panjang tercatat sebagai kota kedua tertinggi di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terpapar Covid-19, setelah Kota Padang. Jumlah warga kota ini yang tertular Covid-19 mencapai 25 orang. Itu belum termasuk beberapa warga daerah tetangga yang berulang bekerja ke Padang Panjang.

Dari ke-25 orang itu, 21 orang menjalani isolasi di RSUD Padang Panjang; 2 orang di komplek PSDM Prov. Sumbar di Padangbesi, Kota Padang; 2 orang lagi di komplek BPP Prov Sumbar di Kota Padang. Mereka semua, sesuai hasil test swab di FK (Fakultas Kedokteran) Unand Padang sudah sembuh (negatif).

Pekan lampau, saat pasien Covid-19 dari Kota Padang Panjang tinggal 2 orang yang  menjalani isolasi dengan kondisi yang juga baik, Pemko setempat berencana akan menerapkan pola hidup Normal Baru (New Normal) di tengah Covid-19 mulai 30 Mei 2020 lalu.

Tapi rencana itu ditunda. Terus, seperti dilansir Editor 29 Mei lalu, Walikota Fadly Amran lewat Intruksi Wako No.414/2020 menambah masa PSBB hingga 7 Juni 2020. Pada PSBB tahap tiga ini aturannya diperlonggar. Sebab, dimaksudkan sebagai persiapan menuju pola hidup Normal Baru yang hendak dimulai 8 Juni 2020 datang.

Rabu (3/6) lalu, kesiapan Padang Panjang mulai menerapkan pola hidup Norma Baru di tengah pandemic Covid-19 itu disampaikan oleh Walikota Fadly dalam rapat Vidcon  Gubernur Irwan Prayitno dengan Walikota/Bupati seSumbar. Kesiapan serupa juga disampaikan oleh 14 Walikota/Bupati lain di Sumbar. ** Ym/Sheni

254 Total Dibaca 4 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*