Padang Panjang Kembali Raih Anugerah Adipura

Padang Panjang, Editor.- Komitmen Padang Panjang untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan hijau akhirnya mengantarkan  kota yang berjuluk Serambi Mekkah tersebut meraih Anugrah Adipura yang berlangsung di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Jumat (22/7).

Penyerahan Anugerah Adipura tersebut diberikan secara langsung Wakil Presiden Indonesia M Jusuf  Kalla yang didampingi Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya kepada Walikota Padang Panjang Hendri Arnis.

Rasa haru dan bangga terlihat dari raut walikota termuda di Sumbar tersebut usai menerima penghargaan yang diraih Kota Padang Panjang. “ ini adalah bukti bahwa kota Padang Panjang adalah kota yang memliki masyarakat yang sadar akan kebersihan lingkungannya. Terima kasih tak lupa saya sampaikan kepada petugas kebersihan yang telah bersusah payah menguras energinya untuk keindahan dan kebersihan,” katanya.

Lebih lanjut beliau berpesan agar Adipura yang diraih hendaknya dapat meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat yang ada di kota Padang Panjang  akan kepedulian terhadap kebersihan lingkungannya. “Untuk kedapannya  kita berharap Anugrah Adipura ini bisa kita pertahankan, sebagai indikator  komitmen kita menciptakan lingkungan kota kita yang bersih dan hijau,” ungkapnya.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Padang Panjang, Erwina Agreni mengatakan, bahwa Adipura Tahun ini adalah Anugrah Adipura ke 11 yang diraih oleh Padang Panjang. Untuk tahun ini, kepada Kota Padang Panjang diberikan Anugerah Adipura Buana, yaitu Penghargaan Adipura untuk kota-kota yang dinilai layak huni/nyaman ditinggali.

Sejalan dengan Rebranding Program Adipura Nasional,  pada tahun ini sebanyak 98 kota di Indonesia  berhasil meraih Anugrah Adipura dengan tiga kategori yaitu Adipura Buana, Adipura Kirana maupun Adipura Paripurna. Adipura Kirana ditujukan bagi kota-kota yang dinilai memiliki potensi pengembangan ekonomi dari pemanfaatan jasa ekosistem/jasa lingkungan. Sedangkan Adipura Paripurna diberikan kepada Kota yang memenuhi kriteria Adipura Buana dan Adipura Kirana sekaligus.

Penyerahan Anugerah Adipura Tahun 2016 di Siak ini diselenggarakan dalam Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia, dengan tema “Go Wild for Life”  dalam  terjemahannya menjadi “Selamatkan Tumbuhan dan Satwa Liar untuk Kehidupan”.

Sementera itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum  Defrial mengatakan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi menjaga kebersihan kota, hingga penghargaan yang diidamkan tersebut dapat diraih kembali setelah dua tahun kita tidak meraihnya. “Dinas PU  sebagai SKPD teknis   Juga mengucapkan terima kasih kepada para petugas kebersihan yang telah bekerja keras siang dan malam untuk mewujudkan padang panjang yang bersih dan hijau,” pungkasnya. ** Hms/Ampera Salim

 

783 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*