Pacu Peningkatan PAD, Wako Kota Padang Panjang Genjot Sektor Pariwisata

Jumpa pers di rumah dinas Walikota Padang Panjang.
Jumpa pers di rumah dinas Walikota Padang Panjang.

Padang Panjang, Editor.- Minang Film Festival (Miffest), Padang Panjang  Film  Competition, festival literasi dan Walikota Cup Open Road Race Championship. Itulah 4 dari 50 event besar-kecil yang disiapkan mengisi tahun 2020 di Kota Padang Panjang. Beberapa sudah jalan, Olimpiade Sains SMTP se Sumatera, Olimpiade Sains & Bahasa Inggris Padang Panjang Edu Week I SMTA se Sumbar-Riau-Jambi.

Dua festival di atas, keduanya berskala nasional. Digarap lewat kerjasama Pemko Padang Panjang dengan Institut Seni ndonesia (ISI) Padang Panjang, terutama jurusan perfilemannya. Ke depan mulai 2021, dua festival filem ini akan digabung jadi satu festival filem nasional/internasional.

Ekspose  Walikota Padang Panjang, Fadly Amran di depan wartawan di Aula  kediaman Walikota, Selasa sore (10/3), menyebut Pemko berinovasi mengembangkan calender event terkait upaya memacu peningkatan kunjungan wisatawan, peningkatan usaha ekonomi warga dan pendapatan asli daerah (PAD).

Didampingi Wakil Walikota Asrul, Kadis Kominfo Ampera Salim, Kadis Porapar, Maiharman dan Kadis Perpustakaan Arsip Alvisena, Walikota Fadly menyebut Kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur sebagai contoh sukses bagaimana calender event bisa memacu peningkatan ekonomi daerah dan rakyatnya.

Penelusuran Editor terhadap Kabupaten Banyuwangi, pada 2018 lalu tercatat realisasi  PAD mencapai Rp 524 milyar, kurang-lebih sama dengan PAD 2018 Kota Padang, Sumatera Barat. Itu sebagian besar diperoleh dari sektor pariwisata, seperti pajak hotel, pajak restoran, dan sumber sah PAD lainnya.

Terkait agenda Festival Literasi, sesuai jadwal akan dilaksanakan pada 12-14 Maret. Di antara kegiatannya seminar, talk show literasi, lomba baca puisi, lomba menggambar tingkat taman kanak-kanak dan bazaar buku murah,dan penilaian taman bacaan masyarakat (TBM) antar TBM yang ada di Padang Panjang.

Berikut, pada 15 Maret akan berlangsung Walikota Road Race di Terminal Bis Bukiksurungan, Padang Panjang. Khusus kegiatan festival filem, malam penganugrahan akan digelar pada malam akhir Maret 2020 datang. Sehari sebelumnya akan digelar diskusi filemnya.

Sebelumnya, dua event yang sudah jalan adalah, Olimpiade Sains tingkat siswa SMTP (Batik Birru)  se Sumatera oleh SMAN-1 Padang Panjang pada pertengahan Februari 2020. Kedua, Padang Panjang Edu Week Olimpiade sains tingkat SMTA seSumbar, Riau dan Jambi pada 1 Maret 2020 oleh The Planners- Padang Panjang.** Yet/Ym

310 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*