Pacu Kuda Ditunda, Masyarakat Saruaso Datangi Rumah Bupati Tanah Datar

Batusangkar, Editor.- Dengan di tundanya pelaksanaan pacu kuda yang direncanakan pada Sabtu dan Minggu tanggal 14 dan 15 Oktober 2017 ratusan masyarakat Nagari Saruaso Kecamatan Tanjung Emas mendatangi Rumah Dinas Bupati Tanah Datar  Selasa (10/10) malam,

Warga Saruaso yang sudah berada semenjak pukul 19.00 Wib didepan Gedung Indo Jolito Batusangkar hanya bisa berdiri didepan pintu gerbang, karena pihak keamanan mengunci gerbang masuk.ke Indo jalito. setelah dilakukan negosiasi dengan aparat keamanan beberapa orang perwakilan masyarakat Saruaso diberi kesempatan untuk bertemu bupati guna menyampaikan aspirasinya.

Dalam pertemuan dengan Bupati Irdinansyah Tarmizi.Wakil dari masyarakat Saruaso Intan Gagah menyatakan,  semulanya masyarakat Saruaso berharap agar pelaksanaan pacukuda di Gelanggang Dang Tuangku dapat dilaksanakan, sesuai rencana, namun karena terkendala dengan sengketa tapal batas, kegiatan tersebut belum bisa dilaksanakan.

Akibatnya, sebahagian masyarakat mengalami kerugian yang tidak sedikit, terutama membiayai pembuatan tribune, bahkan ada yang membuat tribune itu dengan berhutang terlebih dahulu, dengan harapan utang akan terbayar dan juga ada keuntungannya.Tapi apa kenyataannya alek nagari yang didambakan oleh masyarakat  di undur pelaksanaannya. Jangankan meraih keuntungan, modal yang tertanam saja entah kapan kembalinya dan juga dengan apa dikembalikan.

Masyarakat Saruaso sebenarnya sangat mendukung terlaksananya alek pacu kuda ini. Tetapi kebijakan  ada pada pemerintahan daerah untuk menundanya, kami masyarakat  terpaksa menerima dengan lapang dada dan kami meminta kepada Bapak Bupati Tanah Datatr Irdinansah Tarmizi untuk turun langsung melihat situasi di lapangan.

Harapan kami kepada Pemerintah Daerah, jika event ini gagal dilaksanakan  masyarakat Nagari Saruaso yang ada disekitar lapangan pacuan kuda meminta kepada pemerintahan daerah agar dapat membantu meringankan biaya yang telah mereka keluarkan.

“Untuk membangun tribune dan warung tersebut, masyarakat ada yang berhutang dan entah bagaimana cara membayarnya,” ungkap Intan Gagah

Setelah mendengarkan aspirasi dari masyarakat Saruaso tersebut yang disampaikan oleh Intan gagah Bupati Irdinansyah menyatakan” Semua aspirasi yang telah disampaikan tadi akan saya terima.Untuk itu  kepada masyarakat Nagari Saruaso saya nyatakan bawasanya penyelesaian  tapal batas antara Nagari Saruaso Kecamatan Tanjung Emas dengan Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum.Prosesnya akan dilaksanakan pada tanggal 23 Okteber 2017 dengan melibatkan  Forkompida.dan instansi terkait. Ujar Irdinansyah. ** Jum

691 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*