Orasi Ilmiah Rektor UI dan UNP, Warnai Wisuda UNP Ke-112




Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met dan Rektor UNP Prof. Ganefri.
Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met dan Rektor UNP Prof. Ganefri.

Padang, Editor.- Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met memberikan orasi ilmiah di hadapan pimpinan dan segenap civitas akademika Universitas Negeri Padang, Sabtu (15/9). Kegiatan ini sebagai rangkaian Wisuda Ke-112.

Orasi ilmiah Prof. M. Anis mengangkat tema “Strategi Pengembangan Sumber Daya Perguruan Tinggi di Era Disrupsi Inovasi Pendidikan. Guru Besar Teknik Metalurgi ini menjelaskan hakekat menghadapi gangguan teknologi (distruption) bukan semata terletak pada perubahan kurikulum dalam tata kelola perguruan tinggi.

Hakekat yang paling esensial adalah tentang bagaimana adanya sistem pembelajaran yang inovativ dan memperkuat sistem inovasi itu sendiri di perguruan tinggi, bahkan sebuah perguruan tinggi mesti menerapkan cyber university atau distance learning.

Oleh karena itu, Perguruan tinggi tidak mungkin melepaskan diri dari disruption, melainkan distrupsi membawa manfaat besar bagi kehidupan kalangan perguruan tinggi. Untuk itu, pria kelahiran 25 Juni 1957 ini mengajak perguruan tinggi untuk berperan menciptakan teknologi baru dan menjaga pemanfaatannya untuk mempermudah kehidupan.

Dari paparan tentang tema orasi ilmiah ini, Prof. M. Anis berpendapat bahwa otonomi pengelolaan keuangan bagi perguruan tinggi mendesak diupayakan, peningkatan sumber penerimaan yang beragam juga perlu menjadi perhatian serta komitmen yang tinggi dalam alokasi anggaran untuk penelitian dan pengembangan.

Perguruan tinggi dunia yang mengutamakan riset, memiliki rasio tinggi antara dosen, mahasiswa dan peneliti internasional. Selain itu punya visi strategis untuk riset, inovasi dan kepemimpinan yang inovatf serta memiliki fasilitas dan kerjasama riset

Perubahan kurikulum diperlukan agar para dosen dan staf pengajar mampu mengantisipasi perubahan yang terjadi, sehingga proses belajar dan mengajar sesuai zamanya, melalui Massive Open Online Course (MOOC) adalah sistem pembelajaran berupa kursus online secara besar-besaran dan terbuka dengan tujuan untuk memungkinkan partisipasi tak terbatas dan dapat diakses melalui web.

Selain menyediakan materi kursus tradisional seperti video, pembacaan dan pembahasan masalah, MOOCs juga menyediakan forum pengguna interaktif yang membantu dalam membangun komunitas untuk mahasiswa, dosen, dan asisten pengajar (TA).

“MOOCs merupakan perkembangan terbaru dalam hal pendidikan jarak jauh (e-Learning),” ujar alumni FT UI ini.

Pada kesempatan itu, Prof. M. Anis yang mengaku baru pertama hadir pada wisuda UNP, dirinya memberikan apresiasi kepada UNP yang meskipun baru berakreditasi A pada tahun 2016 lalu, tapi sudah memberikan kontribusi besar bagi kemajuan daerah, Bangsa dan Negara.

“Semoga ke depan Perguruan Tinggi ini semakin maju dan mampu menggapai visinya menjadi salah satu universitas unggul di Asia Tenggara,” ujarnya seraya mengucapkan selamat kepada wisudawan/ti dan kepada seluruh sivitas akademika UNP

Rektor UNP, Prof Ganefri usai pidatonya yang bertajuk ÜNP Menuju Global University mengucapkan terimakasih kepada Prof. M. Anis yang telah menyempatkan diri memberikan orasi ilmiah, berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan tentang strategi pengembangan sumber daya perguruan tinggi di era disrupsi inovasi pendidikan

Hadirnya Prof. M. Anis di hari pertama Wisuda UNP Ke-112 ini kata Prof Ganefri merupakan buah dari prestasi UNP sebagai perguruan tinggi terbaik dalam mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Innternal (SPMI) untuk kategori perguruan tinggi BLU dan Satker se-Indonesia.

Kegiatan orasi ilmiah ini dilaksanakan dalam rangkaian Rapat Wisuda Terbuka UNP Ke-112 yang dihadiri Gubernur Sumbar diwakili staf ahli bidang pemerintahan, Jefrinal, anggota Forkopimda Sumbar, ketua dan para anggota senat, para guru besar, para pimpinan unit kerja selingkung UNP, para dosen dan seribuan wisudawan/ti.

“Alhamdulillah, kegiatan orasi ilmiah Rektor UI berlangsung sukses. Kegiatan ini merupakan salah satu keistimewaan dari rangkaian Wisuda UNP Ke-112. Ini merupakan forum akademik yang diharapkan mampu memberikan motivasi dan dorongan agar ke depan UNP semakin maju dan berkembang pesat,” ujar Prof. Rektor UNP, Prof Ganefri. ** Humas UNP/Agusmardi

247 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*