Operasi Bhakti TNI AL di Pariaman Sukses

Pariaman, Editor.- TNI Angkatan Laut sukses melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial Surya Bhaskara Jaya ke-66 tahun 2017 di Kota Pariaman selama dua hari, 23-24 November 2017.

Berbagai paket kegiatan telah dilaksanakan, seperti paket kesehatan yang telah melayani 1595 orang. Pelayanan kesehatan terdiri dari pelayanan kesehatan umum sebanyak 1000 orang, gigi 250 orang, bedah minor 80 orang, bedah mayor 15 orang, khitan 150 orang, bibir sumbing 30 orang, katarak 20 orang dan mow/mop 20 orang.

Paket sekolah dan olahraga berupa perlengkapan sekolah, buku bacaan, dan peralatan olehraga yang telah dibagikan kepada SD N 09 Pauh Barat, SD N 01, SMP 4, SMA 1  dan SMA 3 Pariaman.

Kemudian paket nelayan, diberikan bantuan peralatan yang mendukung kebutuhan nelayan sepeerti genset, lampu petromak, alat pancing, jaring dan dispenser kepada 14 kelompok nelayan yang ada di Kota Pariaman.

Dan paket bedah rumah, TNI AL merehap dua rumah warga miskin di Desa Marunggi dan merehap satu fasilitas MCK dan satu mushalla.

Wakil Walikota Pariaman Genius Umar atas nama masyarakat dan Pemerintah Kota Pariaman  sangat berterimakasih dan mengapresiasi terhadap apa yang telah dilakukan oleh TNI AL kepada masyarakat Kota Pariaman.

“Kami atas nama masyarakat Kota Pariaman dan Pemerintah Kota Pariaman sangat berterimasih atas kegiatan ini. Dan suatu kehormatan bagi kami karena TNI AL telah memilih Kota Pariaman sebagai daerah pelaksanaan Bhakti Sosial Surya Bhaskara Jaya tahun ini,”  terangnya.

“Pada hari ini dapat kita saksikan bahwa TNI khususnya TNI AL sangat dekat dengan masyarakat terutama dengan masyarakat Kota Pariaman. Bahwa TNI tidak hanya berhubungan dengan perang, tapi juga ada bhakti sosial seperti di Kota Pariaman saat ini,” sambungnya.

Kepala Dinas Kesehatan KSAL Drg. RA. Nora Lelyana mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari Sail Sabang 2017 yang akan digelar tanggal 2 Desember nanti di Sabang, Aceh.

“KSAL TNI AL Bapak Ade Supandi memerintahkan kami untuk melaksanakan bhakti sosial di Kota Pariaman sebelum menuju Pulau Banyak, Simelue dan Lhokseumawe. Ini merupakan tanggung jawab sosial Bapak KSAL kepada masyarakat Kota Pariaman karena telah dianugerahi gelar Sutan Panglimo Panguaso Lauik Nan Sati oleh masyarakat adat Kota Pariaman pada bulan Maret lalu,” ungkap Laksamana Pertama tersebut.

“Kami menurunkan 120 orang tenaga kesehatan untuk melayani masyarakat di Kota Pariaman. Untuk operasi katarak dan bedah kita laksanakan di KRI Dr.Suharso yang bersandar di Teluk Bayur, Padang karena disini tidak memungkinkan kapal kita untuk bersandar,” jelasnya.

 

Hal senada juga diungkapkan oleh Danlantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman Kota Pariaman menjadi perhatian dari pimpinan TNI AL, sehingga banyak sekali program-program yang dilaksanakan, salah satu aksi nyatanya saat ini dilaksanakan kegiatan bhakti sosial ini.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini di Kota Pariaman semoga apa yang telah kita lakukan berkenan di hati masyarakat dan semakin mendekatkan TNI dengan masyarakat, sesuai dengan slogan pimpinan TNI, TNI kuat bersama rakyat,” tutupnya. ** Hms/Sgr

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*