Novrial, TdS Aset Sumbar yang Harus Dijaga

Rakor Persiapan Tour de Singkarak 2021 bersama Dinas Pariwisata Kab-Kota se-Sumatera Barat, Kab.Kerinci, Kota Sungai Penuh, dan Prov. Jambi.
Rakor Persiapan Tour de Singkarak 2021 bersama Dinas Pariwisata Kab-Kota se-Sumatera Barat, Kab.Kerinci, Kota Sungai Penuh, dan Prov. Jambi.

Padang, Editor.- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pariwisata menegaskan, Tour de Singkarak (TdS) merupakan aset yang harus terus dijaga keberadaannya sebagai event olahraga internasional yang bernilai promosi kepariwisataan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat (H. Novrial) dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi Persiapan Tour de Singkarak 2021 bersama Dinas Pariwisata Kab/Kota se-Sumatera Barat, Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh, dan Provinsi Jambi di Pangeran Beach Hotel, Padang (2/12/20).

Novrial menjelaskan bahwa saat ini TdS telah resmi terdaftar pada Kementerian Hukum & HAM RI sebagai aset tak berwujud milik Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Arti penting dari aset ini adalah sebagai event yang memiliki “news value” untuk mempromosikan seluruh potensi kepariwisataan Sumatera Barat.

Lebih lanjut Novrial menjelaskan bahwa sejumlah Provinsi tetangga bahkan sudah menyadari dan mulai melirik manfaat dari event ini. Contoh paling jelas yang sudah bergabung dalam pelaksanaan tahun 2019 yaitu Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh (Jambi). Bahkan untuk tahun-tahun selanjutnya, pihaknya sudah menjajaki kemungkinan Provinsi Bengkulu dan Riau bergabung menggelar TdS melintasi daerahnya sebagai event promosi bersama untuk manfaat yang lebih luas.

Untuk tahun 2021, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah mengalokasikan anggaran penyelenggaraan Tour de Singkarak (dengan catatan bahwa pelaksanaannya ditentukan sesuai kondisi pandemi saat itu).

Novrial menjelaskan kembali bahwa pelaksanaan tahun 2021 akan dijadikan sebagai jembatan untuk penyelenggaraan tahun 2022 yang mandiri. Maksudnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan mengupayakan pelaksanaan tahun-tahun selanjutnya diselenggarakan oleh pihak swasta, namun dengan catatan bahwa penyelenggaraan tahun 2021 harus sukses sehingga menarik minat pihak swasta karena memiliki nilai ekonomi di dalamnya. Salah satu upayanya adalah dengan melakukan promosi virtual. ** Herman/Hms

129 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*