Nevi Irwan Prayitno Kunjungi Pengrajin di Kota Pariaman

Pariaman, Editor.– Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Nevi Irwan Prayitno, mengunjungi pengrajin UMKM binaan Dinas Koperindag dan Dekranasda Kota Pariaman, bertempat di rumah dinas walikota Pariaman, Selasa (13/9).

Kunjungan ini dalam rangka memberikan masukan dan memberikan bimbingan teknik (Bimtek), tentang kiat pengrajin dalam memasarkan hasil kerajinannya.  Nevi juga berkesempatan mengunjungi salah satu UKM yang telah sukses di Kota Pariaman, yaitu sulaman Elok Yun yang berada di Naras.

Dalam keterangan istri Gubernur Sumbar ini mengatakan, para pengrajin hendaknya mulai bisa memasarkan dengan memakai produknya sendiri dan mulai untuk bisa berkreasi serta berinovasi dalam setiap produk yang dihasilkan.

“Pengrajin hendaknya mau beriovasi, jangan hanya terpaku kepada satu produk dan motif yang itu-itu saja, karena saat ini, pangsa pasar yang lebih banyak itu ada di masyarakat umum. Kalau hanya produk handmade yang telah ada, tidak dapat dijangkau oleh masyarakat” tuturnya.

Nevi Irwan Prayitno juga mengungkapkan kepada pengrajin untuk dapat mengakali hasil kerajinannya sehingga dapat dijangkau dengan harga yang murah, salah satu caranya dengan menggunakan mesin bordir atau mesin sulam, karena dapat mengurangi biaya produksi yang selama ini membayar gaji pegawainya, tutupnya.

Wakil Ketua Dekranasda Kota Pariaman Ny. Lucy Genius mengatakan, hasil kerajinan dari Kota Pariaman telah dikenal sampai ke mancanegara, yang jadi masalah adalah mahalnya hasil produk yang dihasilkan oleh pengrajin kita, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang dapat membelinya.

“Kedepan kita akan membuat koperasi bagi pengrajin UKM dan UMKM yang ada di Kota Pariaman, sehingga dengan adanya koperasi nanti, dapat mengurangi biaya produksi dari pengrajin, dan nantinya harganya pun dapat bersaing dengan produk lain,” ujarnya.

Apalagi saat ini Indonesia telah memberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang mana produk dari Negara-Negara Asean seperti cina, telah merajai produksinya di segala bidang di Indonesia, karena itu kita harus dapat melestarikan kerajinan kita dan berkreasi dan berinovasi setiap hasil produk kerajinan dan harga yang bersaing, tutupnya.

Kunjungan ini didampingi oleh Ketua Dharmawanita Kota Pariaman Kartini, Kadis Koperindag Gusniyeti Zaunit dan jajaran, serta pengurus Dekranasda Kota Pariaman yang hadir. ** J/Hms/Sgr

1004 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*