Nedi Gampo, “Rajo Oyak Tekong” Wafat

Almarhum Nedi Gampo pada salah satu penampilan sebagai "tukang Oyak Tekong".
Almarhum Nedi Gampo pada salah satu penampilan sebagai "tukang Oyak Tekong".

Padang, Editor.- Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Nedi Gampo, musisi Minang yang identik dengan lagu-lagu humor meninggal dunia sekitar pukul 07.30 WIB pagi ini, Kamis (28/2) di Rumah Sakit Ibnu Sina Padang.

Berita wafatnya Nedi Gampo yang terlahir dengan nama Nedi Erman tersebut menyebar dengan cepat di media social facebook, twiter dan istagram lewat status para nitizen dan sahabat almarhum sesama musisi.

“Almarhum Nedi Gampo meninggal di Rumah Sakit Ibnu Sina Padang dan sampai saat ini jenazah masih disana. Belum diperoleh informasi apakah almarhun akan dikebumikan di Padang atau di Batusangkar tempat asalnya,” kata musisi senior, Agus Taher ketika dihubungi lewat telepon selulernya sekitar jam 09.00 WIB lalu.

Nadi Gampo yang sejak beberapa waktu lalu dikenal sebagai “tukang oyak tekong” atau penyanyi dendang Kim itu memulai karirnya sebagai penyanyi lewat album lagu “Sayuik Sauleh” produksi Pitunang record pada awal decade 90-an. Kemudian mencuat sebagai pencipta lagu lewat lagu Sapayuang Bajauah Hati dan Lenyai yang dipopulerkan (Alm) Zalmon. Almarhum juga dikenal sebagai penata musik rekaman setelah sukses mengaransir lagu-lagu pada album “Cinto Putiah Babungo Ungu” produksi Pitunang Record.

Almarhum Nedi Gampo yang penah tercatat sebagai pegawai negeri di Universitas Andalas Padang tersebut, beberapa waktu lalu juga pernah terkena stroke. Namun bisa pulih dan terus beraktifitas sebagai pemusik, terutama memenuhi undangan sebagai penyanyi dendang Kim ke berbagai daerah di Inonesia, bahkan ke negeri jiran, Singapura dan Malaysia.

Selain itu, Nedi Gampo juga terjun ke dunia politik dengan mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Sumbar melalui Partai Gerindra di Daerah Pemilihan 6 dan nomor urut 7. Namun Allah SWT berkehendak lain dan memanggil Nedi Gampo ke hadirat-Nya. Alfatihah. Semoga almarhum husnul khatimah. Selamat jalan sahabat. ** Rhian

546 Total Dibaca 4 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*