Naskah Akademik Ranperda Nagari Disusun Oleh Tim

Padang, Editor.- Menanggapi Pandangan Umum Fraksi Persatuan Pembangunan, Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Setda Ali Asmar menyampaikan, Naskah Akademik Ranperda tentang Nagari  disusun oleh Tim, diantaranya berasal dari perguruan tinggi.

Hal ini disampaikan Setda prov Ali Asmar dalam rapat paripurna DPRD Provinsdi Sumatera Barat, Senin (17/4)  dalam nota jawaban Gubernur Provinsi Sumatera Barat terhadap pandangan Umum Fraksi Fraksi mengenai dua rancangan perda, yakni perda Nagari dan perda Perubahan ketiga atas peraturan daerah nomor 4 tahun 2011 tentang pajak daerah.

Menurut Ali Asmar materi muatan Ranperda tentang Nagari hanya mengatur substabsi  yang diamanatkan oleh pasal 109 Undang Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, mengenai susunan kelembagaan Nagari dan pengisian jabatan dan masa jabatan Kapalo Nagari. Sedangkan pengaturan secara teknis mengenai Nagari adat diatur oleh Pemerintah Kabupatan/Kota

Ali Asmar juga menyampaikan mengenai perbedaan substansi Ranperda tentang Nagari  ini dengan Ranperda yang pernah diajukan dan dibahas oleh DPRD beberapa waktu yang lalu. Substansi/materi tentang nagari yang dibahas sebelumnya mengatur secara detail, termasuk penataan nagari. Sementara Ranperda Nagari yang  diajukan saat ini  hanya mengatur hal hal yang pokok saja sesuai dengan kewenangan pemerintrah provinsi, berdasarkan ketentuan pasal 109 Undang Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Dengan ditetapkanya Ranperda tentang Nagari menjadi Perda nantinya, maka masa jabatan Wali Nagari/Kepala Desa yang masih aktif yang berubah status menjadi Nagari adat tidak akan terganggu, karena untuk penggantian nama menjadi Kapalo nagari akan menunggu walinagari/Kepala desa berakhir masa kerjanya sesuai rumusan pasal 16 ranperda tentang Nagari.

Menjawab pertanyaan Fraksi Partai NasDem, mengenai apa apa yang sudah dilakukan oleh  pemerintah daerah untuk meningkatkan peran Niniak Mamak dalam pembangunan Nagari di Sumatera Barat, menurut Ali Asmar peran Niniak mamak Nagari akan memberikan pengaruh positif bagi kemajuan nagari. Hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan niniak mamak sebagai bagian dari pemerintahan Nagari. Dalam Ranperda Nagari yang diajukan sekarang ini, Pemerintahan Nagari dipimpin oleh Kapalo Nagari dan Perangkat Nagari. Kapalo Nagari dipilih  dari Unsur Tunggku Tigo Sajarangan, yang terdiri dari Niniak Mamak, Alim Ulama dan Cerdik Pandai.

Acara Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD provinsi Sumatera Barat Ir Hendra Irwan Rahim yang dihadiri oleh pimpinan Opd di jajaran Pemprov Sumbar, anggota Forkopimda dan para undangan lainnya. ** Her

1254 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*