Nagari Sulit Air Baralek Gadang, Sosialisasikan Empat Pilar




Sulit Air, Editor.- Ribuan masyarakat Nagari Sulit Air, Kab. Solok, Sumatra Barat, Sabtu (30/4) memadati lapangan sepak bola Koto Tuo untuk mengikuti sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang dilaksanakan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI bertepatan dengan puncak perayaan HUT Sulit Air ke-195,

Membludaknya animo masyarakat Sulit Air untuk mendengarkan pemaparan Empat Pilar Kebangsaan, yang disampaikan salah satu anak nagari Sulit Air, yakni Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta Odang juga telah membuat nagari yang terletak di atas Danau Singkarak itu mengalami kemacetan luar biasa.

“Di sini timbul rasa percaya diri untuk membangkitkan jiwa kebangsaan,” ujar Oesman Sapta penuh rasa bahagia karena bisa berjumpa masyarakat dengan masyarakat Sulit Air, apa lagi kegiatan sosialisasi Empat Pilar kali ini melibatkan putra putri kelahiran Sulit Air yang ada di perantauan dan bernaung dalam suatu organisasi yang bernama Sulit Air Sepakat (SAS). disingkat SAS.

Oesman Sapta juga bahagia sebab Panglima Kodam (Pangdam) I Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewyjk Pusung pun berkenan hadir ditengah- tengah masyarakat Sulit Air yang antusias mengikuti sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini .

Oesman Sapta lalu mengenang masa lalu kakek dan neneknya yang diusir oleh Belanda dari Sulit Air kemudian dibuang ke pedalaman Kalimantan Barat, tepatnya di Sukadana. Walaupun demikian, Oesman Sapta bangga memiliki kakek dan nenek yang berdarah Sulit Air.
“Kami bangga sebagai cucu, sebab perjuangan tidak saja di kampung, tapi juga bisa di tempat lain,” ujar Oesman Sapta yang bergelar Datuk Bandaro Sutan Nan Kayo .

Kemudian, Senator dari daerah pemilihan Kalimantan Barat ini menegaskan, Sosialisasi Empat Pilar ini bukan kegiatan politik praktis, namun merupakan amanah dari negara untuk melakukan sosialisasi Empat Pilar kepada bangsa Indonesia, meliputi Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika, serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
”Guna menumbuhkan dan meningkatkan jiwa nasionalisme pada bangsa Indonesia, maka MPR RI mendapat amanah dari negara untuk melakukan sosialisasi Empat Pilar,” tegasnya

Acara yang berlangsung meriah dengan beberapa anggota MPR RI tampil sebagai pembicara, serta Sekjen MPR Ma’ruf Cahyono. Juga terlihat hadir Bupati Solok H. Gusmal, SE,MM dan Wakapolda Sumbar. ** Risko Mardianto

476 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
WhatsAppFacebookTwitterYahoo MailLineGoogle GmailEmailYahoo BookmarksShare

Komentar

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*