Nagari Sibarambang Gelar Kaua Nagari

Sibarambang, Editor.- Nagari Sibarambang melaksanakan acara ritual “Kaua Nagari” bertempat di Jorong Rimbang Batu Alang, Nagari Sibarambang, Sabtu (112). Kaua Nagari merupakan sebuah tradisi dari nenek moyang yang sampai pada saat ini masih kita laksanakan yang mana dahulu kegiatan ini dilaksajakan setiap tahun setelah Hari Raya Idul Adha

Hadir dalam acara tersebut Bupati Solok  H. Gusmal, Plt Camat X koto diatas  Dafrizon, Sek pariwisata   Yandra, Sek DPPKA  Muhammad Djoni, Sek Dinas Perhubungan  Editiawarman, Kasat Pol PP  Raflis, Sek Sosnaker  Fauzi. B, SekDinas Perikanan dan Peternakan Kenedy Hamzah, Walinagari Sibarambang Ruslatif, Ketua BMN Sibarambang  Nur Yudhadan Ketua KAN  Jon Dt .Rajo Bandaro.

Dalam kata sambutannya Bupati Solok H. Gusmal mengatakan, banyak adat istiadat kita yang mulai tergores oleh perkembangan zaman tapi masyarakat Nagari Sibarambang masih tetap mempertahankan tradisinya.

Hari ini kita merasakan kebersamaan masyatakat Nagari Sibarambang dalam acara bakaua, dimana dengan kegiatan ini dapat menjalin tali silaturahmi  sesama masyarakat. Ini menandakan niniak mamak kita melaksanakan peranya dengan baik.

Dalam menanggapi beberapa permasalah yang disampaikan ketua pelaksana  Jon Dt .Rajo Bandaro sebelulmya, diantaranya masalah peningkatan ekonomi dan pemindahan sekolah, Gusmal menyampaikan, ntuk memindahkan sekokah ini perlu dilaksnakan musyawarah oleh KAN BMN , wali nagari bersama masyarakat.

“Kalau memang ingin memindahkan sekolah carilah lokasi yang tidak terlalu jauah di jangkau oleh anak-anak kita karena kalau terlalu jauah anak-akan kita nanti akan malas untuk ke sekolah. Pendidikan bagi kita sangat penting, kita menjadikan pendidikan sebagai salah satu pilar pembangunan di Kab Solok,” ujar Gusmal.

Terkait masalah perbatasan dengan kota Sawahluntu, Gusmal menganjurkan, alangkah baiknya hal ini di Musyawarahkan saja dengan duduk bersama mencari kata sepakat, tetapi kalau masih tidak menemukan kesepakatan pemerintah sudah ada tim nya untuk masalah ini. ** Febrian D’Gumanti/Olga/Hms

1013 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*