Nagari Guguk Malalo Selenggarakan Sekolah Alam

Peserta Sekolah Alam Nagari Guguak, Malalo.
Peserta Sekolah Alam Nagari Guguak, Malalo.

Tanah Datar, Editor.- Nagari Guguk Malalo lahirkan inovasi baru yang sangat bermanfaat bagi generasi mudanya untuk mencintai nagarinya dengan melaksanakan program Sekolah Alam untuk pembelajaran atau pendidikan bagi generasi muda nagari Malalo 3 Jurai guna mendalami dan memahami ulayat Malalo.

Sekolah Alam yang dilaksanakan oleh Wali Nagari tersebut dilaksanakan selama 12 x pertemuan dengan dengan berebagai topik pembelajaran  yang berbeda  dengan membahas 12 tools dasar  pemetaan partisipatif.  Kegiatan ini dilaksanakan di alam dalam wilayah Malalo 3 Jurai .

“Sekolah Alam ini dilaksanakan kerjasama Tim Ulayat Malalo 3 Jurai, Pemerintah Nagari  Guguk Malalo , Obor, Insis, Huma  dan pihak lainnya,” ungkap Wali  Ngari Gugguk Malalo Mulyadi yang didampingi oleh Sekretaris  Nagari Padang Laweh Bahrul Ulum Salasa (11/12) bertempat di kantor Wali Nagari Guguk Malalo.

Pada kesempatan tersebut Ketua KAN Guguk Malalo M.Dt,Maliputi bersama Mantan Ketua KAN Padang Laweh A. Dt. Sari yang sangat peduli dengan program sekolah alam ini mengatakan “Kegiatan Sekolah Alam  ini diikuti 21 orang peserta dari generasi muda setempat yang diharapkan nantinya akan menjadi generasi penerus dan pelopor untuk menjaga  ulayat Nagari Malalo 3 Jurai dan juga menjaga kelestarian hutan ujayat Malalo 3 Jurai  yang telah terjaga sejak nennek moyang mereka dulunya,” ungkap kedua Ninik mamak tersebut.

Sementara itu Ketua BPRN Guguk Malalo Masnaidi yang didampingi oleh Ihsan dari Obor  menjelaskan, tujuan dari Sekolah Alam ini adalah untuk pembinaan bagi generasi muda nagari yang nantinya diharapkan akan menambah  tingkat kepedulian mereka terhadap persoalan nagari (sosial scence). Kita hanya mendorong agar kegiatan ini bisa dilaksanakan  berkelanjutan  dan tersturuktur sehingga  menghasilkan  semangkin banyak generasi muda nagari yang peduli  terhadaop persoalan – persoalan  nagari, terutama masalah hutan ulayat nagari.

“Kita menghimbau kepada generasi muda Malalo untuk bersama-sama membangun nagari dan tidak perlu pergi merantau lagi . Berdasarkan hasil penelitian Sekolah Alam yang telah kita laksanakan Nagari Guguk  Malalo  memiliki 5 faktor yang bisa digarap  sebagai modal dasar   antara lain Alam ,Manusia ,Sosial,fisik dan finansial,” ungkap Masnaidi.

Selanjutnya Masnaidi mengatakan, kegiatan Sekoalah Alam ini telah di tutup pada hari Minggu tanggal 25 November 2018 lalu  bertempat di  gedung Serba Gunan Guguk Malalo. Dari  hasil Sekolah Alam kami telah dapat membuat beberapa rekomendasi yang mana rekomendasi tertsebut akan kami berikan kepada pemerintah dan juga isntasi terkait guna peningkatan kesejahteraan dan juga kemajuan  Masyarakat Nagari Guguk Malalo khususnya dan juga masayarakat Tanah datar pada umumny. ** Jum

716 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*