Mukhlis Rahman, Masa Depan Anak Harus Dipersiapkan Sejak Dini

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman didampingi oleh Kadis Dikpora Kanderi beserta peserta pendidik PAUD se-Kota Pariaman di Aula BP-PAUD dan Dikmas Rawang
Walikota Pariaman Mukhlis Rahman didampingi oleh Kadis Dikpora Kanderi beserta peserta pendidik PAUD se-Kota Pariaman di Aula BP-PAUD dan Dikmas Rawang

Pariaman, Editor.-  Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan, masa depan anak harus dan perlu dipersiapkan sejak dini sebagaimana diamanatkan Undang-Undang nomor 23 tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Penjaminan kewajiban dalam  hak-hak anak menjadi tanggung jawab orang tua, keluarga dan masyarakat.

Hal ini diungkapkannya ketika membuka acara pengembangan karakter bagi pendidik PAUD se-Kota Pariaman tahun 2018 di Aula BP-PAUD dan Dikmas Sumbar, Rawang Kota Pariaman, Senin (16/4).

Tingkat kesadaran masyarakat terhadap pemberian layanan pendidikan bagi anak usia dini, kata Mukhlis, untuk saat ini terbilang masih relatif rendah. Dari data yang ada jumlah layanan pendidikan usia dini di Kota Pariaman tercatat sebanyak 103 satuan pendidikan (TK/KB/SPS), namun jumlahnya tidak merata.

“Bahkan ada satu desa yang memiliki lima lembaga PAUD dan ada juga desa lain yang tidak memilikinya sama sekali,” katanya.

Ia meminta kepada OPD terkait untuk mengevaluasi dan mendata kembali keberadaan lembaga pendidik di Kota Pariaman, baik yang telah dibantu oleh pemerintah maupun swadaya masyarakat.

Ia juga berharap kepada para pengajar atau pendidik PAUD yang mengikuti kegiatan itu agar mengikutinya dengan sebaik-baiknya.

Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF), Pria Sapta Mulia, mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) guru dan pendidik PAUD di bidang penguatan pendidikan karakter.

“Serta untuk mewujudkan bangsa yang berbudaya melalui penguatan nilai-nilai religius jujur toleran dan disiplin. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 16 hingga 18 April 2018,” kata dia.

Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Kanderi, dengan narasumber Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumbar Yenita Irawati.  ** Afridon

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*